User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
  1. Ada perangsang
    Hampir setiap orang di industri keuangan percaya bahwa mereka adalah orang yang sangat beretika. Kalau begitu terima kasih kepada Bernie Madoff, yang telah membawa kabur uang investor sebayak $50 milyar. Pilihlah perusahaan yang punya rangsangan agar anda mau mentransfer uang anda. Selalu tanyakan apakah ada insentif dan tetap jaga agar berbiaya rendah. Seperti yang pendiri Vanguard, Jack Bogle katakan, "anda mendapat apa yang tidak anda bayar."
  2. Mengerti strategi investasi
    Terdapat hubungan yang erat antara strategi investasi yang canggih dengan hasil yang rendah. Ketika berinvestasi, buat prinsip "mudahnya bagaimana" agar bekerja.
  3. Jangan percayakan penuh uang anda pada siapapun
    Ini adalah akibat yang wajar karena mengerti strategi. Tetaplah bertanya pada penasehat keuangan anda. Cukup percaya pada penasehat keuangan anda tetapi jangan selalu melaksanakan setiap ucapannya. Hal ini akan menjadi resep untuk bencana.
  4. Jika sesuatu hal terlihat memang sangat baik, kemungkinan memang iya
    Waspadalah dengan janji untung besar tanpa resiko.
  5. Jadikan diri anda seperti orang lain di perusahaan tersebut
    Sebagai contoh, apakah sebuah perusahaan asuransi benar-benar dapat membayar komisi besar pada bawahannya, membuat keuntungan dan masih bisa membayar anda di pasar saham.
  6. Hati-hati dengan keputusan investasi anda
    Untuk menemukan musuh terbesar anda, berkacalah pada diri sendiri. Tentu saja perencana keuangan tidak tahu perasaan kita dan jangan lupa bahwa kita sering menjadi musuh yang terburuk. Perilaku manusia cenderung membuat mereka berinvestasi pada waktu yang salah.
  7. Jangan terlalu percaya diri dengan strategi investasi anda
    Berdasarkan banyak pengalaman, mereka yang tinggi rasa percaya dirinya biasanya mengalami kejatuhan terdalam. Mengertilah resiko yang anda ambil dan hindari tiap suara yang berkata "ini pasti naik."
  8. Abaikan para ahli
    Berapa banyak guru di TV yang gagal memprediksikan kejatuhan pasar tahun 2008? Mereka semuanya salah, dan sampai sekarang anda masih bisa melihat dan mendengar nasehat mereka.
  9. Kita semua tidak di atas rata-rata
    Dalam pasar yang semua investasi terlihat profesional, masih banyak terdapat manajer keuangan yang berada di bawah rata-rata. Harus diakui bahwa kita bisa mengalahkan pasar jika kita tidak harus memperlihatkan hasil kerja kita.
  10. Gunakan akal sehat yang tidak umum
    Sebelum anda melakukan tindakan investasi, mundurlah sedikit dan jelaskan logika anda kepada seorang teman. Itu akan memberi kepada anda beberapa pemikiran terhadap tindakan logika anda. Terkadang kita akan merasakan sesuatu dan lalu akan mengabaikan pemikiran wajar kita.
Loading...

1000 Characters left