Krisis ekonomi telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Banyak dan semakin banyak orang telah kehilangan pekerjaan. Menjadi orang yang tidak punya pekerjaan tentu saja merepotkan dan membingungkan. Di samping kehilangan uang, status tidak bekerja bisa mempengaruhi cara pandang anda memandang diri sendiri dan cara anda berkomunikasi dengan orang yang anda cintai dan orang-orang di sekitar anda.

Terdapat banyak sekali artikel yang berbicara mengenai cara mengatasi pengangguran, tetapi hanya sedikit dokumen yang menceritakan mengenai cara mempertahankan kepercayaan diri ketika berstatus menganggur. Di bawah ini ada beberapa teknik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.

Jangan ukur harga diri anda dengan pekerjaan
Ingat bahwa anda lebih berharga dibandingkan dengan pekerjaan anda yang hilang. Anda mempunyai kehidupan yang bisa anda nikmati. Ketika menganggur, anda bisa memberikan waktu anda untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sebelumnya terlupakan akibat kesibukan anda bekerja. Anda bisa meraih kembali semangat keagamaan anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas di sebuah gereja. Anda bisa menghabiskan waktu anda untuk berkumpul dengan anggota keluarga yang anda cintai atau anda bisa fokus untuk lebih dekat dengan alam. Selama mengganggur, anda mempunyai banyak waktu untuk mengetahui keahlian tersembunyi anda dan memanfaatkannya untuk diri anda.

Pikiran tentang rasa syukur
Anda seharusnya mencurahkan perhatian pada kondisi anda yang sekarang ini. Jangan habiskan waktu untuk menyesali diri sendiri. Sisihkan waktu untuk membuat daftar pencapaian yang telah anda raih. Dengan daftar itu, maka anda akan menyadari bahwa anda memiliki hidup yang luar biasa dan anda seharusnya meneruskan kehidupan anda. Anda bisa mencari pekerjaan lain. Dan jika anda tidak bisa mencari pekerjaan dengan mudah maka anda bisa mengambil kursus singkat untuk mengasah keahlian anda. Keahlian ekstra ini akan membantu anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Orang mencintai anda
Teman-teman anda seperti halnya keluarga anda, tidak akan pernah meninggalkan atau membuat anda jatuh hanya karena anda seorang pengangguran. Mereka bahkan akan menganggap anda sebagai mercu suar yang menerangi lautan yang sunyi. Ijinkan mereka untuk boleh membantu anda baik dalam hal keuangan maupun emosional. Anda adalah bagian dari keluarga jadi anda juga berkewajiban membagikan pikiran-pikiran anda kepada mereka. Tolong diingat bahwa keluarga dan teman sejati akan selalu bersama-sama dengan anda baik di dalam istana maupun di dalam rumah yang rusak.

Cintai diri anda
Untuk melakukannya maka buat sebuah daftar berisi bakat dan keahlian khusus anda seperti memasak, berkebun, atau modeling. Anda juga bisa membuat daftar berisi hal-hal yang anda sukai pada diri anda. Terkadang, hal-hal yang sederhana adalah hal-hal yang mudah dilupakan. Karakter anda yang bisa membuat orang tertawa seharusnya juga dimasukkan dalam daftar anda.

Menganggur bukanlah akhir dari hidup anda. Ini adalah kesempatan untuk mengenal diri anda dengan lebih baik. Tantangannya adalah bahwa setiap orang seharusnya bisa lebih baik, lebih tabah, dan lebih produktif.

Loading...

1000 Characters left