User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

tidak dapat pekerjaan

Anda sudah membuat resume yang sempurna dan diri anda terlihat seperti menjadi kandidat impian si pemberi pekerjaan. Tetapi mengapa anda sampai sekarang ini masih harus mencari pekerjaan meskipun sudah satu tahun dan belum ada secercah harapan sedikitpun?

Anda mungkin berkata bahwa ekonomi dan pasar kerja sekarang ini sedang jelek. Tetapi faktanya adalah masih terdapat banyak lowongan pekerjaan di luar sana, sehingga membuat anda berpikir apakah ini sebenarnya adalah kesalahan saya.

Para ahli berkata bahwa perubahan perilaku mungkin menjadi pendekatan yang terbaik. Menurut Tony Beshara, anda perlu memiliki perilaku yang benar. Ia adalah presiden dan pemilik dari Babich and Associates, sebuah perusahaan penempatan dan perekrutan tenaga kerja yang sudah berpengalaman selama 30 tahun.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa anda memiliki kesulitan dengan pencarian pekerjaan anda.

  1. Anda tidak sungguh-sungguh berniat mencari pekerjaan
    Banyak orang berperilaku seperti tidak punya niat dengan sungguh-sungguh, tidak punya semangat, dan tidak menjadikan pencarian pekerjaan sebagai prioritas nomor satu.
  2. Anda tidak memiliki sebuah sistem pencarian pekerjaan
    Sistem yang anda buat ini seharusnya menyangkut segalanya, mulai dari tujuan dan apa yang harus dilakukan pada saat diwawancara.
  3. Anda tidak realistis dalam memasarkan keahlian anda
    Terdapat kecenderungan orang untuk membesar-besarkan keahlian yang dimilikinya demi memperbesar kemungkinan anda diterima bekerja. Ini bisa membuat anda frustasi dan kecewa ketika waktu pencarian kerja ternyata lebih lama dari yang diharapkan.
  4. Anda mengabaikan usaha kecil
    Anda lupa atau tidak menyadari bahwa 97% bisnis di Amerika Serikat memperkerjakan karyawan di bawah 100 orang. Ekonomi Amerika tidak dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi oleh sekelompok kecil orang yang memberikan barang dan pelayanan yang baik.
  5. Anda tidak menyadari bahwa wawancara adalah satu-satunya hal yang paling penting
    Untuk mendapatkan wawancara maka anda harus melewati segala macam hal, tetapi anda memang harus mendapatkan wawancawa tersebut. Anda harus membuat diri andalah yang benar-benar dibutuhkan oleh si pemberi pekerjaan.
  6. Anda tidak punya persiapan untuk wawancara
    Banyak orang tidak percaya diri dengan dirinya, atau bertingkah sombong dalam proses wawancara. Ini disebabkan karena mereka tidak cukup persiapan seperti kurang berlatih melakukan presentasi di depan cermin atau dengan orang lain.
  7. Anda tidak bisa menjual diri anda
    Banyak orang yang mengalami proses wawancara tidak bisa menjual dirinya dengan baik. Orang mengabaikan semuanya mulai dari bagaimana cara berpakaian yang serasi hingga apa yang akan dilakukan ketika diwawancara.
  8. Anda memiliki perilaku, "Apa yang bisa anda lakukan untuk saya?"
    Banyak orang masih menganggap wawancara seperti percakapan jalanan. Mereka merasa bahwa ketika mereka menjual jasanya ke pemberi kerja, maka si pemberi kerja juga harus memberikan apa yang mereka mau. Mereka tidak sadar bahwa merekalah yang menawarkan diri untuk bisa bekerja. Jika anda memberikan alasan yang cukup kepada pemberi kerja untuk mengapa mereka memperkerjakan anda dan apa yang bisa anda lakukan untuk mereka, maka mereka akan memberikan cukup banyak jawaban untuk apa yang mereka bisa lakukan untuk anda.
  9. Anda memberikan alasan yang kurang baik tentang pekerjaan lama anda
    Itu termasuk mengapa anda meninggalkan pekerjaan lama anda dan mengapa anda ingin pekerjaan baru. Banyak orang memberikan alasan yang bersifat egois, mereka berkata hal-hal jelek, mengkritik dan menghakimi pemberi kerja sebelumnya. Jika anda berpikir bahwa pemberi kerja anda yang sekarang akan bersimpati kepada anda maka anda salah!
  10. Mencari di tempat yang salah
    Terdapat banyak tempat untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. Anda bisa mencarinya di koran lokal, internet, bursa tenaga kerja, dan lain-lain. Mau tidak mau, anda mesti menyisihkan waktu untuk mencari lowongan pekerjan di ratusan website. Selain itu banyak perusahaan masih menggunakan koran sebagai tempat untuk mengirimkan lowongan pekerjaan.
  11. Tidak cukup tanggap
    Dengan begitu banyaknya pencari kerja dan sedikitnya lowongan pekerjaan, maka respon yang cepat menjadi penting untuk keberhasilan anda. Perusahaan yang cepat mendapatkan pekerja biasanya tidak akan mengadakan wawancara lagi untuk ratusan pelamar dibelakangnya. Jadi pastikan pengiriman resume anda tidak terlambat.
  12. Resume anda tidak bagus
    Surat lamaran pekerjaan anda itu sangat penting untuk keberhasilan pencarian kerja anda. Membuat resume yang "baik" saja tidaklah cukup; resume anda haruslah yang sempurna yaitu mudah dibaca/dicerna, terlihat profesional dan memperlihatkan keahlian anda. Anda perlu menunjukkan bahwa andalah calon pekerja yang sempurna.
  13. Tidak memenuhi kualifikasi
    Sekarang ini banyak sekali resume yang berasal dari pelamar yang tak memenuhi syarat. Jangan habiskan waktu dan uang anda untuk pekerjaan yang tidak memenuhi syarat karena peluang anda menjadi sangat kecil. Tetapi jika pengalaman kerja anda adalah 5 tahun tetapi yang dibutuhkan adalah 7 tahun maka itu boleh-boleh saja, buatlah penilaian anda yang menurut anda terbaik.
Loading...

1000 Characters left