Riset tentang negosiasi gaji memperlihatkan bahwa 80% pekerjaan menawarkan negosiasi gaji tetapi hanya sejumlah kecil dari pelamar kerja menegosiasikan penawaran gaji. Alasan utama yang diberikan adalah bahwa pelamar kerja merasa akan ditawarkan negosiasi. Anda tidak perlu menjadi seorang yang ahli negosiasi untuk dapat berhasil dalam negosiasi gaji. Mengetahui strategi dasar negosiasi dapat menolong anda untuk secara benar merencanakan negosiasi gaji anda dan merasa percaya diri dalam proses negosiasi.

Tunda diskusi gaji selama mungkin dalam proses penerimaan karyawan
Waktu terbaik untuk menegosiasikan gaji adalah setelah tawaran kerja sudah diterima. Kekuatan negosiasi anda berada di puncak ketika perusahaan telah yakin nilai potensi anda dan telah memutuskan bahwa anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut. Jika pertanyaan gaji muncul di awal proses wawancara maka jawaban anda seharusnya tidak diungkapkan. Katakan bahwa gaji anda "terbuka" atau "dapat dinegosiasikan" sampai anda benar-benar telah menerima pekerjaan. Hindari memberikan jumlah gaji yang spesifik pada lembar formulir, tulis saja "kompetitif" atau "terbuka untuk dibicarakan".

Temukan harga keahlian anda di tempat kerja lain
Informasi adalah alat terbaik dalam negosiasi gaji. Teliti harga pasar terhadap keahlian anda. Perusahaan macam apa di dalam area anda yang membayar gaji untuk keahlian dan pengalaman yang sama seperti yang anda miliki? Adalah lebih mudah dalam membujuk perusahaan untuk menyetujui gaji anda jika proporsal negosiasi didasarkan kepada fakta yang kuat mengenai jumlah gaji beberapa orang yang mempunyai keahlian dan pekerjaan yang sama. Anda dapat meriset data gaji dalam sejumlah cara seperti bertanya kepada profesional atau melihat data orang yang mengirim lamaran yang serupa.

Mengetahui nilai perusahaan
Mengerti nilai perusahaan dapat menolong anda menentukan kekuatan tawar anda. Apakah anda sangat berharga pada perusahaan tersebut? Pertimbangkan faktor seperti rasio suplai dan permintaan pada keahlian dan pengalaman anda, jumlah pelamar yang diwawancara, seberapa penting perusahaan membutuhkan posisi tersebut.

Evaluasi seluruh paket tunjangan
Tunjangan dapat memberi kontribusi sebesar 30% dari keseluruhan pendapatan. Masukkan tunjangan kedalam perhitungan gaji anda. Tunjangan diantaranya adalah kesehatan, auransi, bonus, pembagian laba, parkir, telepon, anak, uang lembur. Putuskan mana yang penting bagi anda dan negosiasikan.

Hitung kembali gaji yang benar-benar realistis
Berapa banyak gaji yang anda butuhkan untuk menutupi pengeluaran anda. Untuk tiap pengeluaran, negosiasikan jumlah uang yang anda butuhkan. Anda dapat menggunakan data ini untuk keputusan jumlah gaji anda. Perusahaan kemungkinan tidak tertarik dengan pengeluaran anda. Oleh karena itu mulailah menegosiasikan kisaran gaji tertinggi anda sehingga memberi ruang yang cukup untuk bernegosiasi.

Tetaplah bersikap positif dalam proses negosiasi dan buatlah keperluan anda daripada meminta. Ketahui betul nilai anda dan lalu percaya dirilah dengan kemampuan anda untuk meraih pekerjaan yang ditawarkan.

Loading...

1000 Characters left