Tentu anda berpikir bahwa anda berhak mendapatjan gaji yang lebih tinggi - belum termasuk waktu libur dan bonus akhir tahun. Triknya adalah menjadikan atasan anda agar menyetujuinya. Bahkan atasan berhati keraspun bisa menjadi lunak bila anda tahu triknya. Disini terdapat 10 nasehat yang dapat anda lakukan.

  1. Lakukan pekerjaan anda
    "Saya perlu uang lebih banyak" tidak akan membuat anda memperoleh kenaikkan gaji. "Saya patut mendapat uang lebih banyak" adalah berbeda - jika anda bisa membuktikannya. Jika anda dapat memperlihatkan sebuah perbedaan upah antara anda dengan upah orang lain yang bekerja dibidang yang sama, maka anda bisa memulai suatu argumen.
  2. Fokuslah pada hasil kerja
    Memperlihatkan bahwa gaji anda kurang dibandingkan dengan yang ada pasar kerja tidaklah cukup. Anda harus juga memperlihatkan prestasi anda, peningkatan pendapatan perusahaan akibat kerja yang anda lakukan, atau penghematan pengeluaran uang perusahaan karena apa yang telah anda lakukan.
  3. Bersabarlah
    Jangan membuat asumsi anda akan mendapatkan jawaban "ya" - atau tindakan akan terjadi secara tiba-tiba. Persiapkan pertanyaan untuk mempercepat kenaikkan gaji dan tinjauan prestasi dalam 6 bulan.
    Juga, mintalah jaminan bonus pada akhir suatu proyek dan di akhir tahun. Tawarlah untuk kenaikan sebesar 9% pada tahun depan (standarnya 4,5%). Semakin cerdik dan fleksibel anda menawar, semakin baik peluang anda untuk berhasil.
  4. Tukar uang dengan materi lain
    Jika anda tidak bisa memperoleh kenaikkan gaji, anda bisa menukarnya dengan sesuatu yang bukan uang seperti biaya pendidikan lanjutan, wisata, perjalanan kelas VIP, dll. Maksudnya adalah, pikirkan tentang hal yang membuat kedua belah pihak sama sama senang.
  5. Masuki pikiran atasan anda
    Mungkin atasan anda tidak peduli jika anda hanya mengirimkan data laporan pengeluaran atau daftar absensi. Pikirkan hal apa yang akan dihargai oleh atasan anda. Apakah itu penambahan kustomer? Penyelesaian proyek sesuai jadwal? Kerja tim? Dengarkan hal apa yang sering atasan anda bicarakan.
  6. Bandingkan manajer
    Jika anda belum pernah mendekati manajer anda sebelumnya tentang permintaan kompensasi, bicaralah dengan seorang kolega yang dapat memberitahu gaya negosiasi atasan anda dan kemauannya. Ada manajer yang tidak pernah mengabulkan kenaikkan pada pertengahan tahun tetapi karyawan yang berprestasi akan mendapat kompensasi saat akhir tahun. Tetapi ada juga manajer lain yang tidak dapat atau tidak ingin membagikan kompensasi yang dianggapnya sebagai beban pengeluaran. Dapatkan keterangan yang benar sebelum anda bernegosiasi.
  7. Ketahui dimana anda berdiri
    Pastikan anda mempunyai landasan yang kuat sebelum meminta kenaikkan gaji. Tanyakan atasan anda mengenai kesan yang dia dapatkan terhadap prestasi anda dan bagian mana yang dapat diperbaiki. Asumsikan bahwa anda sedang tidak berada dalam mode "perlu perbaikan". Anda mungkin dapat berkata seperti ini: "Saya senang bahwa anda puas dengan pekerjaan saya dan saya juga sangat bersemangat mengenai kerja saya. Saya ingin berbicara mengenai bagaimana saya dapat meningkatkan rencana kompensasi saya ke tingkat yang lebih tinggi. Saya senang dapat memberikan kontribusi yang cukup besar pada tim dan saya menginginkan itu tercermin pada kompensasi saya".
  8. Tanyalah untuk langkah berikut
    Adalah mudah untuk meninggalkan pertemuan dengan atasan anda, merasa bebas bahwa semua ini sudah berakhir dan bangga pada diri sendiri karena mempunyai keberanian untuk mengangkat topik tersebut. Tetapi tidak ada yang lebih buruk menyadari bahwa anda tidak bertanya bagaimana anda nanti harus menindak lanjutinya.
    Jadi ketika masih berada di dalam pertemuan, ingatlah untuk meminta rekomendasi: : "Haruskah saya bertemu dengan anda di akhir kwartal, setelah rapat manajemen bulan depan?"
  9. Jadilah kreatif
    Marilah terus terang: Sudah biasa bahwa atasan akan berkata, "Saya minta maaf, saya tidak dapat melakukan apapun mengenai gaji atau tunjangan sampai situasi keuangan perusahaan menjadi kuat, dan siapa yang tahu kapan hal itu terjadi." Jika hal ini terjadi, bersiaplah dengan beberapa usulan alternatif. Hampir tiap perusahaan dapat mengatur untuk memberikan minggu ekstra kepada anda antara Natal dan Tahun Baru.
  10. Bersiaplah untuk pindah pekerjaan
    Jika memang tidak ada kenaikkaan atau tunjangan apapun, anda dapat memutuskan, apakah mau tetap bekerja dan berharap selalu atau keluar dari pekerjaan. Jika anda memikirkan untuk mencari pekerjaan baru, tidak ada ruginya untuk meminta perusahaan agar mencantumkan jabatan yang lebih tinggi untuk dimasukkan ke dalam resume atau surat lamaran kerja. Anda akan terkejut bahwa betapa seringnya jabatan dapat mempercepat kenaikkan gaji anda dalam beberapa bulan kedepan.
Loading...

1000 Characters left