Ia dituduh "merusak bahasa, menghancurkan arti bahasa dengan menghindari penggunaan kata kerja, merubah kata benda menjadi kata kerja, dan tidak pernah berhenti mengulang kalimat sebelum pendengarnya berubah menjadi zombie" (Sumber: 'Bush and Blair accused of mangling English' oleh Kate Kelland, Reuters.com.uk, Mon 15 November, 2004 12:50).

Tetapi walaupun demikian, George W Bush telah menjadi presiden dari partai Republik pertama yang memenangkan kembali pemilihan presiden semenjak Ronald Reagen pada tahun 1984. Dan ia bisa memotivasi rakyat Amerika Serikat untuk memilih dengan jumlah yang menembus rekor. Dalam situasi yang menekan dan krisis, Bush bisa berhubungan dengan massa.

Bush - seseorang yang menurut ahli bahasa terkenal dengan kata "misunderestimate", unggul 3,5 juta suara dari Kerry. Mengapa Bush bisa menang begitu telak? Ya, karena Bush dan penasehatnya jago dalam menulis pidato moderen. Apa yang akan anda lakukan jika anda memiliki keahlian ini dan bisa memotivasi orang lain. Karena mereka menggunakan prinsip-prinsip universal, maka anda bisa menerapkan ini untuk karir dan kondisi pribadi anda:

Rasa percaya diri yang kuat
Bush selalu memiliki perasaan kuat tentang tujuannya untuk "membentuk dunia yang lebih aman" dan membuat perubahan. Ia teguh dengan keyakinan dan misinya untuk meraihnya. Salah satu kalimat yang paling diingat dalam kesimpulan pidato di rumahnya juga menumbuhkan optimisme.
"Ada pepatah kuno yang mengatakan, "Jangan berdoa meminta tugas yang sama dengan kekuatan anda; berdoalah meminta kekuatan yang bisa menyamai tugas anda."
Apa keinginan dan tujuan hidup anda?

Kepastian dalam abad ketidakpastian
Dalam waktu yang penuh ketakutan dan ketidakpastian, para politisi yang masih menjabat punya peluang untuk terpilih kembali. Bush menguatkan pesan ini dalam pidatonya. Sebagai contoh: "Untuk membuat negara ini lebih kuat dan lebih baik, saya membutuhkan dukungan anda dan saya akan bekerja keras untuk mendapatkannya. Saya akan melakukan semua yang saya bisa lakukan untuk menerima kepercayaan anda." Kepercayaan adalah pesan sentral kampanye Bush untuk mengatasi kegelisahan rakyat tentang masa depan.
Apa tema sentral anda untuk pidato anda selanjutnya?

Perumpamaan visual
Perumpamaan visual sama pentingnya dengan kata-kata dalam sebuah pidato, khususnya untuk orang yang lebih bisa mengartikan informasi melalui visual dibandingkan jalur pendengaran. Di sini ada beberapa cara cerdas Bush dan tim-nya dalam memaksimalkan citra visual positif di televisi.
Gambar keluarganya, termasuk bidikan kamera saat George W bersantai di gedung putih bersama anak perempuan, bapak dan ibunya. (Catatan - hanya ibu saja yang bisa melihat kebanggaan wajah Barbara Bush saat melihat anaknya George W di gambar tersebut)
Ia juga menggunakan kekuatan dari tanda tak terlihat seperti saat ia turun dari tangga helikopter dan pesawat kepresidenan untuk memperkuat kepercayaan dan pesan keamanan.
Bendera Amerika yang ada disekitarnya juga menolong memperkuat patriotisme, sama halnya dengan dasi merah yang ia kenakan saat kampanye. Menariknya Bush malah memakai dasi biru pada saat pidato penerimaannya. Ini mungkin memberikan pesan halus "Saya sekarang dalam tahap yang berbeda, saya telah memenangkan pertarungan dan sekarang waktunya untuk bergerak maju".
Tanda non-verbal apa yang anda tampilkan untuk pemirsa anda?

Merek kepribadian Bush
Merek kepribadian Bush sangat menarik. Tentu saja ini dibangun di atas banyak cerita dan semua orang sudah mengetahui cerita bahwa ia peminum berat, pekerja keras, investor minyak dari Texas yang pada umur 40 berhenti minum, menemukan Tuhan dan berkomitmen mengabdikan diri kepada rakyat.
Dalam pidato penerimaan, Bush memperkuat cerita pribadi dan hubungan spesialnya dengan masyarakat Texas di mana ia memulai karir politiknya. "Di atas daratan Texas yang luas ini, saya pertama kali belajar tentang negara kita: tegap dan jujur, dan penuh harapan seperti fajar. Saya akan selalu berterima kasih kepada rakyat negara bagian saya yang baik. Dan apapun kondisi jalan didepan, jalan itulah yang akan membawa saya pulang."
Catat perumpamaan visual yang ia gunakan untuk menggambarkan Texas dan perasaan hangat pada daerahnya.
Bagaimana anda bisa menggunakan teknik ini untuk pidato anda?

Disiplin tanpa ampun
Bush menjalani suatu kampanye yang ketat dan tertib, dan pidatonya tidak pernah ragu-ragu atau membelok dari pesan kunci. Bahkan dalam semarak kemenangannya, ia masih tetap fokus: "Militer kita telah membawa kebanggaan bagi Amerika dan keadilan pada musuh. Negara kita bisa mempertahankan dirinya dan melayani kebebasan semua umat manusia."

Nilai-nilai keluarga
Bush berkampanye pada nilai-nilai keluarga - sebuah tema yang umum terjadi pada pemilihan di Amerika Serikat dan Australia. Dalam pidato penerimaannya, inilah bagaimana ia menekankan nilai-nilai ini:
"Terdapat banyak orang di mana saya harus berterima kasih dan pertama-tama kepada keluarga saya. Laura adalah cinta kehidupan saya. Saya senang anda mencintai dia juga. Saya ingin berterima kasih kepada dua putri kami yang telah bergabung dengan ayahnya pada kampanye terakhir. Saya menghargai kerja keras dari kakak perempuan dan laki-laki saya. Saya khususnya ingin berterima kasih kepada orang tua saya atas dukungan cintanya."

Perasaan senasib sepenanggungan
Bush disamakan dengan nilai-nilai dari Amerika, "Ciri-ciri Amerika secara spiritual dan geografis terletak di Mid West, sebuah kota kecil yang konservatif terhadap nilai-nilai keluarga," menurut Tom Carver, koresponden BBC di Washington.
Carver menambahkan "Bill Clinton adalah sebuah cerminan dari Amerika tahun '90-an yang makmur, sedangkan Bush adalah cerminan Amerika yang lebih gelap, lebih gelisah setelah peristiwa 9/11.

Tetap pada pesan
Di Amerika Serikat, berita adalah tentang emosi dan lebih berorientasi menghibur dibandingkan hanya berupa fakta-fakta. Bush mengetahui ini dan ketika ia mungkin tidak memiliki karisma seperti Clinton dan keseganannya terhadap media sudah lama diketahui, maka aksinya pada media selama pemilihan justru salah satu yang terbaik. Sekali lagi, Carver dari BBC memberikan contoh bagus tentang legenda keahlian Bush terhadap media: "
"Terdapat sebuah momen dalam konferensi pers-nya... dimana ia ditanya tentang gambaran "bisnis besar" yang ia miliki. Ia sepenuhnya mengabaikan pertanyaan dan malahan berbicara tentang bisnis kecil dan bagaimana bisnis kecil itu adalah penggerak pertumbuhan ekonomi. Ia bahkan tidak mengijinkan kalimat "bisnis besar" melewati di bibirnya."

Kemampuan membaca, merefleksikan dan menghubungkan isu-isu kepedulian
Analis memprediksikan bahwa pemilihan Amerika akan menjadi sebuah referendum untuk menentang perang melawan Irak. Mereka salah besar. Masalah besar bagi pemilih adalah tentang patriotisme, dan terutama mengenai masalah moral, ekonomi, teroris dan yang terakhir adalah perang Irak. Bush memenangkan perdebatan moral dengan perbedaan jumlah suara yang sangat banyak dan dalam pidatonya ia berkata: "Amerika telah berbicara, dan saya telah diberi kepercayaan oleh rakyat saya. Dengan kepercayaan itu maka datanglah sebuah tugas untuk melayani seluruh rakyat Amerika. Dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mengisi tugas itu setiap hari sebagai presiden anda."
Bagaimana anda menghubungkan isu dan kepedulian dari pemirsa anda?

Panggilan bertindak yang baik
Saya percaya bahwa tujuan setiap pidato seharusnya bisa membuat perbedaan dan mampu membuat orang untuk bertindak. Untuk Bush, itu berlaku untuk orang yang percaya kepadanya dan memenangkan dia dalam pemilihan.
Dalam pidato penerimaannya, Bush menekankan masalah kepercayaan ini secara baik dengan panggilan untuk bertindak yang jelas dan kuat. "Kampanye telah berakhir, dan Amerika Serikat bergerak maju dengan percaya diri dan keyakinan. Saya melihat hari yang cerah untuk negara kita dan saya tidak sabar untuk bisa segera bekerja."

 

Sumber: Thomas Murrell, MBA, APS

Loading...

1000 Characters left