User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Salah satu perangkap terbesar dalam perkembangan suatu bisnis adalah terperangkap dalam manajemennya sendiri; jika anda tidak percaya dengan sistem anda sendiri, maka anda tidak dapat melepaskan diri dari genggaman detail operasi dan anda akan membatasi kemampuan anda untuk meningkat ke level yang lebih tinggi.

Banyak wirausahawan yang sukses yang saya pernah ketahui selama bertahun-tahun dapat diketahui tandanya (dan biasanya oleh karyawan dan teman-teman) sebagai "orang nekat yang kendalinya sangat kreatif."  Ini mudah dipahami karena pada umumnya diperlukan sesuatu yang kuat dan energi yang terarah untuk menciptakan sebuah bisnis, untuk membuat dari yang tidak ada menjadi ada. Seperti halnya orang tua yang tiba-tiba menjadi manusia super dalam melindungi keturunannya, wirausahawan yang melahirkan sebuah perusahaan harus memiliki kulit setebal gajah dan kemampuan agresif/bertahan seperti pejuang samurai. Ini memerlukan fokus yang luar biasa, kebulatan tekad, dan sensitifitas untuk menciptakan sesuatu yang baru agar tetap bisa bertahan dalam dunia ini.

Proteksionisme itu bisa dan tentu saja dapat menolong mereka. Dalam rangka untuk melanjutkan impiannya untuk terus bertumbuh dan berkembang, mereka harus dewasa tidak hanya tim dan sistem-nya tetapi diri mereka sendiri, untuk mencegah terjadinya kemacetan manajemen mikro.Mereka harus percaya diri. Percaya diri bukan sesuatu yang bisa anda lakukan tetapi merupakan keharusan. Saya mengharapkan anda bisa membangun sebuah rasa optimisme yang besar tentang kehidupan, tetapi anda tidak hanya belajar untuk percaya diri - anda harus belajar cara membangun kepercayaan diri. Dan anda bisa melakukan itu dengan menciptakan sebuah sistem dan menjalankannya, jadi anda bisa melepaskan diri untuk mengendalikan level fungsional bawah, tanpa melepaskan gambaran besar dari apa yang ingin anda raih.

Sama halnya dengan mengendarai mobil, sebagai pemula maka mobil akan mengalami sentakan dan pergerakan yang lambat. Anda terus menjaga kendali, dan sedikit demi sedikit mulai meningkatkan fokus. Hanya dengan belajar mempercayai kemampuan mobil anda, maka anda bisa pergi ke level yang berikutnya, memperluas wawasan dan meluncur dengan kecepatan tinggi secara lebih mudah.

Sama halnya, jika anda tidak percaya penuh dengan sistem pribadi anda, maka anda kemungkinan terus bekerja memperhatikan detail dan isi yang tidak sesuai dan tidak perlu, dan biasanya sering disertai dengan sebuah emosi yang negatif. Anda akan merasa seperti ditekan, kewalahan, dan sering seperti kehilangan kendali.

Tetapi anda juga tidak bisa mempercayai sistem anda sampai sistem tersebut benar-benar dapat dipercaya. Kapan itu terjadi? Ketika anda tahu bahwa anda telah menangkap semua komitmen anda, mengklarifikasikan niat yang ingin anda lakukan terhadapnya, menentukan tindakan-tindakan yang anda perlukan untuknya, dan memiliki tindakan pencegahan terhadap reaksi.

Wirausahawan harus lari dari zona nyaman kendali operasional dan menyerahkannya kepada orang yang sesuai, bertanggung jawab dan bisa memonitor secara benar. Dengan cara yang sama, untuk mempertahankan kepala tetap fokus secara kreatif pada hal-hal yang tepat, maka anda harus memiliki semua hal-hal yang benar dalam sistem pribadi anda dan perilaku apa yang harus dilakukan pada saat yang tepat. Jika anda mencoba untuk mempertahankan lebih dari sepuluh hal dalam pikiran anda secara sekaligus, maka anda akan kehilangan obyektifitas tentang hubungan satu sama lain diantara mereka. Hal-hal yang kurang penting akan mengganggu anda lebih dari yang seharusnya, dan anda tidak akan memberikan sesuatu yang taktis dan strategis yang layak mendapat perhatian. Dan jika beberapa bagian dari diri anda tahu bahwa anda tidak punya sesuatu untuk ditangkap dan diorganisasikan di tempat yang benar, maka otak anda dengan mudahnya tidak akan membiarkan pergi pikiran terhadap hal-hal detail yang tidak kelihatan. Anda akan mendapati diri anda masih berada di tingkat belas kasihan. Itu adalah harga yang harus anda bayar jika anda tetap tinggal dalam zona nyaman yang mana mempertahankan semua kendali di tangan anda.

Ketika orang mulai menerapkan metode Pokoknya Harus Selesai, maka mereka pada awalnya akan mengalami sebuah energi dan kreatifitas yang terburu-buru, sedangkan pada saat yang bersamaan perasaan juga semakin tenang. Tetapi pengalaman positif itu dapat cepat hilang jika tidak terdapat kepercayaan diri yang mengisi sistem mereka secara menyeluruh. Orang sering berkata, "Astaga, segalanya sudah tertangani di dalam sistem, tetapi pikiran saya masih khawatir dan terus memperingatkan saya tentang hal ini dan itu." Pertanyaan saya adalah, "Seberapa lama anda membuat sistem anda?" Biasanya sistem baru dibuat pada saat belakangan. Itu tidak cukup untuk membangun kepercayaan, dan pikiran anda akan masih mencoba untuk mempertahankan kendali. Tantangannya adalah terus-menerus melanjutkan dan kembali lagi mengulangnya hingga segalanya selesai didownload, diproses, dan diorganisir. Dan tandanya adalah cukup sering mengulang hingga pikiran anda dapat melepaskannya, percaya bahwa masalah sudah betul-betul ditangani oleh sesuatu yang lebih baik. Setelah itu baru anda benar-benar bebas untuk memikirkannya.

 

Sumber: David Allen

Loading...

1000 Characters left