User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ketika segalanya menjadi ketat dan keras, maka kita dengan mudah bisa berpikiran negatif dengan berkata: "Oh tidak! Semuanya sekarang menjadi semakin ketat dan keras!" Dan anda meratapi nasib anda dan lalu berbuat yang tidak baik. Kenyatannya adalah, akan selalu ada peluang bagus untuk menaksir kembali apa yang sebenarnya anda lakukan dan mendewasakan pikiran dan fokus anda. Waktu yang sulit bisa menjadi waktu yang baik, sepanjang anda tahu permainan apa yang anda mainkan dan ikut bermain.

Mudah dikatakan. Tetapi perubahan dalam situasi anda, khususnya salah satu yang kelihatannya diluar kendali anda (ambruknya pasar saham), dapat membuat anda menjadi ceroboh. Pernahkah anda merasa tiba-tiba bangun di lapangan sepak bola, lalu dilewati oleh pemain yang lebih besar dan lebih cepat dari anda, dan anda tidak mengerti mengapa anda berada di sana? Anda mendapati diri anda dikalahkan, berdarah, dan penuh lumpur, dan segalanya sepertinya akan semakin memburuk!

Untuk mendapatkan pegangan, apa hal pertama yang harus anda fokuskan? Apa nama permainannya dan dimana sasaran anda! Ketika anda bangun dengan fakta bahwa anda sedang bermain bola dan anda melihat target anda, maka anda dengan cepat melupakan betapa berdarah dan berlumpurnya badan anda. Anda sekarang masuk ke dalam sebuah tantangan!

Tetapi kemudian, meskipun anda tahu arah anda, anda masih merasa lumpuh dan seperti berada dalam kekuasaan yang lebih besar dari anda, sampai anda melakukan apa? Tentukan langkah berikutnya! Kiri atau kanan, lempar atau lari.

Anda sekarang sudah memasuki permainan! Meskipun ini adalah permainan yang keras, dan banyak orang menyerang anda. Dua elemen dasar dan paling kritis yang perlu dijelaskan, dipahami dan secara positif didorong adalah (1) tujuan atau hasil yang anda inginkan, dan (2) gerak fisik selanjutnya untuk bergerak ke arah depan.

Anda baru saja kehilangan pekerjaan. Apa yang anda inginkan sekarang untuk pekerjaan anda, dan bagaimana anda bisa memulai mendapatkannya? Anda baru saja mengalami kemunduran dalam kesehatan anda. Perasaan apa yang anda inginkan untuk situasi anda, dan apa yang anda perlu lakukan untuk mewujudkannya? Jika dunia bisa bergeser sesuai dengan kemauan anda, apa arti sukses bagi anda, dan aktifitas apa yang bisa menggerakan anda ke arah tersebut?

Ini bukan tentang apa yang terjadi di dunia anda, baik atau buruk. Dunia itu memang demikian keadaannya. Yang membuat berbeda bagi anda adalah bagaimana keterlibatan anda dengannya. Anda tidak dapat bersikap mengabaikannya karena anda bisa menjadi korban olehnya. Seperti yang semua pengemudi balap katakan kepada anda, mengemudi adalah perilaku paling berbahaya. Anda harus tetap terlibat dengan pedal. Anda harus bermain. Anda harus terlibat dalam permainan dimana anda berada di dalamnya.

 

Sumber: David Allen

Loading...

1000 Characters left