User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kita semua bisa menjadi lebih produktif, baik sebagai individu maupun perusahaan. Selalu terdapat nilai tambah terhadap sumber daya yang ada. Tetapi apa sebenarnya yang bisa meningkatkan produktivitas? Aturannya adalah bukan dengan menambah sumber daya. Menambahkan uang tetapi menghasilkan jumlah produk yang sama untuk setiap dollar yang dikeluarkan bukanlah sebuah perbaikan. Yang harus ditingkatkan adalah investasi energi dimana sedikitnya terdapat satu dari empat kesadaran yang harus dimasukkan dalam diri orang tersebut. Kesadaran diri itu adalah kejelasan, fokus, penstrukturan, dan aksi.

  • Pembersihan dan kejelasan. Tiap aktivitas yang tidak bisa menangani sendiri pembuangannya secara benar, akan meningkatkan kemacetan pada sistem dan menyebabkan setiap usaha untuk terus bertahan dan mengatasi akumulasi residu menjadi sia-sia. Apa saja yang tidak diperlukan lagi? Proyek lama, prosedur dan kebijakan lama, komitmen yang sudah lama tidak dinegosiasikan, menyimpan racun dalam tubuh - apapun yang mengambil tempat dan perhatian tetapi tidak menghasilkan nilai tambah, yang mana jika dihilangkan akan meningkatkan aliran dan hasil secara otomatis. Memerlukan niat dan tindakan untuk menghilangkan sesuatu - anda akan menjadi lamban dan semakin lamban jika tidak secara kosisten disisipkan dengan kesadaran diri.
  • Fokus. Usaha fisik dan mental secara otomatis dimobilisasi dengan fokus. Usaha anda akan cepat bubar dan menjadi melelahkan tanpa yang satu ini. Lalu apa tujuan anda untuk.. rapat ini, proposal ini, liburan ini, departemen ini, pekerjaan ini? Apa yang anda ingin coba lakukan? Kemana tujuan anda? Jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menciptakan energi untuk memproduksi hasil dengan hanya sedikit usaha. Tetapi untuk itu diperlukan konsentrasi untuk mengarah ke suatu fokus. Tanpa adanya fokus maka gerakan anda akan lambat seperti seorang pencuri di malam hari.
  • Penstrukturan. Lihat struktur fisik dari barang atau sesuatu yang ada di sekeliling anda sekarang. Mereka ada untuk dimanfaatkan - untuk kenyamanan, proteksi, dukungan, komunikasi, fokus dan kejelasan pandang anda - dengan sedikit energi yang dikeluarkan. Tanpa struktur maka kita akan menghabiskan waktu dan energi kita untuk sesuatu yang sia-sia. Tanpa adanya susunan daftar tugas yang benar maka kita tidak bisa seproduktif sebagaimana yang bisa dilakukan. Jika tidak ada seseorang yang mendisain sebuah mesin penjawab telepon, maka semua orang harus menghabiskan waktu untuk selalu memperhatikan kapan telepon berbunyi. Jika kuas cat saya tidak berbentuk teratur, maka saya membatasi ekspresi kreatif saya. Struktur tidak muncul dengan sendirinya. Orang yang produktif akan selalu bertanya: Bagaimana cara agar saya bisa mengorganisisr dan melancarkan apa yang saya lakukan dengan lebih baik lagi?
  • Aksi. Anda lebih mudah bergerak jika sedang bergerak. Hanya perlu sedikit usaha untuk mengarahkan sesuatu yang arahnya salah dibandingkan dengan yang posisinya sudah salah dari awal. Ketakutan yang tak beralasan dan akibat negatif dari ketidaksempurnaan dapat menciptakan kelumpunan analisis dengan mudah. Jika sesuatu perlu dirubah tetapi tidak ada "tindak lanjut" yang diputuskan, maka tidak akan ada gerakan sam sekali. Memulai sebuah langkah fisik sederhana sering menjadi kunci untuk melepaskan energi yang tersimpan dan menghasilan momentum untuk menjadi lebih produktif. Tetapi untuk itu diperlukan konsentrasi untuk bisa memikirkan tindakan-tindakan yang tepat.

Salah satu dari empat dinamika di atas bisa memperbaiki kualitas dan kuantitas anda, tetapi untuk itu diperlukan kesadaran diri. Dan jika anda mengabaikan salah satu dari faktor di atas maka hal itu juga bisa melemahkan anda. Anda dapat mempunyai departemen yang bersih, fokus dan aktif, tetapi jika lemah dalam uraian pekerjaan maka itu tidak akan efektif sebagaimana mestinya. Sebuah tim bisa saja terstruktur, bekerja sampai larut malam, dan mampu menyelesaikan tugas, tetapi jika tidak fokus terhadap apa yang sebenarnya mereka butuhkan maka hasilnya juga tidak akan efektif. Dan anda juga bisa mempunyai niat mencapai tujuan dan terorganisir, tetapi jika anda lemah dalam komunikasi dan komitmen maka anda akan jatuh.

Orang yang bisa mempertahankan prestasi adalah mereka yang fokus terhadap apa yang penting, merebut dan mengorganisir semua hal yang masih relevan terhadap hidup dan pekerjaan mereka, dan secara konsisten mengambil tindakan untuk menyelesaikan apa yang harus dilakukan. Jika anda tidak beroperasi seperti itu maka area mana yang anda rasakan masih lemah? Perbaikan apa yang bisa anda lakukan untuk perusahaan atau keluarga anda? Apakah semua area anda sudah jelas, fokus, terstruktur, dan aktif?

Sumber: David Allen

Loading...

1000 Characters left