Menjadi atasan yang baik bukanlah sesuatu yang terjadi hanya dalam waktu semalam. Ini adalah proses pembelajaran yang terus menerus dengan perjuangan yang panjang. Tetapi sekali anda bisa meraih keseimbangan sempurna antara kebutuhan perusahaan, karyawan dan diri sendiri, maka anda telah menjadi atasan yang efektif dan baik, dimana orang menghormati dan memuji anda.

Jadi apa yang membuat seseorang bisa menjadi atasan yang baik? Dibawah ini terdapat beberapa kualitas yang harus dimiliki seorang atasan.

  1. Kepemimpinan
    Memang benar bahwa tidak semua atasan dapat menjadi atasan yang baik karena adanya perbedaan yang signifikan antara pengikut dan pemimpin. Seseorang yang memiliki kemampuan memimpin yang baik adalah seseorang yang dapat menjadi atasan yang efektif dan baik.
  2. Toleransi
    Atasan yang baik menyadari bahwa dirinya juga manusia biasa, sesuatu yang diluar kendali dirinya. Jadi jika sesuatu ada yang salah dan ini juga tidak terjadi setiap waktu, maka ijinkan untuk adanya batasan manusiawi. Tentu saja, toleransi anda seharusnya tidak menjadi alasan dimana karyawan akan menyalah gunakannya dengan cara memberikan hasil kerja yang sedang-sedang saja karena mereka pikir atasan mereka tidak akan mempedulikannya.
  3. Keberanian
    Perlu keberanian untuk memberikan perintah dan mengatur sebuah kelompok. Juga diperlukan jiwa pemberani untuk mengambil tanggung jawab penuh akibat tindakan karyawan. Sebenarnya, seorang atasan yang baik seharusnya bisa mengetahu bahwa ia akan mengambil tanggung jawab penuh terhadap karyawan, oleh karena itu menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi anda untuk mencari karyawan yang benar.
    Jika anda berakhir dengan orang-orang yang membawa-bawa nama dan reputasi anda, dan perusahaan itu dalam bahaya, maka anda berada dalam masalah serius. Oleh karena itu, adalah ide yang bagus untuk memeriksa latar belakang calon pekerja anda apakah pernah tersangkut masalah kriminal atau tidak.
  4. Perilaku positif
    Anda tidak bisa mengharapkan karyawan anda untuk memperoleh hasil yang baik, jika mereka melihat diri anda setiap saat selalu bermuka murung. Optimis dan tersenyumlah setiap waktu. Ini bagus untuk anda dan karyawan.
  5. Sabar
    Anda harus menyadari bahwa mendidik orang tidak terjadi secara ajaib. Hal ini membutuhkan banyak usaha dan waktu, jadi anda harus punya kesabaran penuh.
  6. Empati
    Atasan yang baik harus punya kepedulian tulus terhadap karyawannya, dan menyadari bahwa mereka juga manusia yang punya keinginan dan perasaan. Ikut merasakan apa yang dirasakan karyawan akan membuat anda memahami apa sebenarnya yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Penghargaan, dengan cara menaikkan tunjangan atau bonus adalah cara terbaik untuk memotivasi karyawan anda.
  7. Menyenangkan
    Maksudnya adalah tidak kaku diwaktu kerja atau selama bersama karyawan, tidak takut untuk memperlihatkan sisi menyenangkan anda. Bercandalah dengan mereka, tertawa bersama dan saling berbicara. Yang perlu diingat adalah terdapat waktu dan tempat yang bisa membuat anda senang.

Seorang atasan yang baik punya banyak keuntungan. Anda mendapat kesetiaan dan hormat dari karyawan-karyawan anda, dan anda juga menjadi teman mereka pada saat kerja berakhir.

Loading...

1000 Characters left