Pasar telah berubah dan begitu juga permintaan dan harapan, usahawan seharusnya berada dalam posisi bukan hanya mengantisipasi permintaan klien. tetapi juga memposisikan diri ketika ekonomi mulai pulih.

Sekarang adalah waktu yang baik untuk bercermin. Lihat ke belakang dan kenali bagaimana perusahaan anda beroperasi. Apa yang sudah bekerja, mana yang belum selama bertahun-tahun lampau. Apa yang bisa diperbaiki? Apakah keberhasilan dapat diraih jika anda menawarkan untuk membuat variasi produk dan layanan?

  1. Kenali kustomer anda
    Ambil beberapa waktu untuk mengenal kustomer anda, mengapa mereka membeli mau produk dari anda dibandingkan dari orang lain? Apa saja yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki layanan atau produk?
    Salah satu cara termudah untu mencari tahu apa yang kustomer anda butuhkan adalah bertanya padanya. Area mana saja yang dapat anda tingkatkan untuk memperbaiki hubungan anda dengan kustomer anda? Adalah lebih ekonomis untuk menjual ke pelanggan lama anda daripada mencoba untuk mendapatkan kustomer baru.
  2. Tetap tundukkan kepala
    Pemotongan karyawan sepertinya tak dapat dihindarkan pada saat ini. Tetapi sebelum anda mem-PHK karyawan berharga anda, lihat disekitar anda apakah terdapat cara untuk bisa menghindarinya. Carilah biaya-biaya, apakah itu biaya listrik, internet atau telepon. Anda akan terkejut melihat seberapa banyak uang yang bisa di hemat.
  3. Jaringan
    Ini memberikan kesempatan untuk berbicara dengan orang lain yang bergerak di sektor yang sama dengan bisnis anda. Temukan dari mereka bagaimana mereka bisa mengatasi resesi. Jaringan juga memberikan peluang untuk memperkenalkan bisnis anda. Saling memberi kepada yang lain akan menciptakan situasi yang saling menguntungkan.
  4. Mempertahankan motivasi tim
    Jujurlah mengenai bagaimana situasi ekonomi mempengaruhi bisnis anda dan biarkan karyawan mengetahui secara persis apa yang terjadi. Mereka mungkin akan mengetahui bahwa bisnis anda sedang menurun. Tetapi mereka akan menghargai kejujuran anda dan mungkin karyawan terbaik akan memberikan kepada anda nasehat dan dukungan. Bonus dan tunjangan bisa memotivasi karyawan anda.
  5. Mampu beradaptasi
    Salah satutu keuntungan menjalankan bisnis UKM adalah relatih mudahnya keputusan bisa langsung diterapkan. Seperti dinyatakan diawal, pasar telah berubah, jadi usahawan harus mampu beradaptasi melayani perubahan permintaan agar bisa terus berhasil dan bertumbuh.
Loading...

1000 Characters left