Ekonomi sekarang ini masih tidak menentu. Inilah mengapa banyak pemilik bisnis, khususnya bisnis kecil, juga terkena imbas. Jadi, jika anda menangani bisnis kecil, anda seharusnya terus bekerja keras dan pintar menerapkan strategi dalam rangka supaya bisnis anda terus bisa berjalan. Anda harus lebih memberi perhatian yang lebih keras terhadap bisnis anda. Situasi rapat dalam bisnis kecil biasanya jauh lebih banyak tekanan dikarenakan banyaknya pertarungan dalam kompetisi. Kenyataannya adalah banyak dari bisnis kecil bangkrut karena para pemilik bisnis kecil sering tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap manajemen bisnis yang benar. Dan anda seharusnya tidak melakukan hal yang serupa. Jika anda ingin mempertahankan bisnis anda, anda seharusnya tidak mengabaikan esensi dari manajemen bisnis yang efektif, yang mana dapat menentukan gagal tidaknya bisnis anda.

Manajemen bisnis yang benar: Sebuah taktik bertahan hidup
Manajemen yang benar sudah pasti menjadi kunci untuk bisnis agar bisa bertahan dalam krisis. Tetapi dalam rangka untuk menerapkan manajemen bisnis yang benar, beberapa strategi perlu di amati dan di terapkan sebaik mungkin. Strategi itu termasuk pengelolan bisnis yang benar; pemasaran; manajemen karyawan; visi.

Pengelolaan bisnis yang benar
Uang adalah raja dalam bisnis. Sekarang, sebagai pemilik bisnis kecil anda seharusnya berjuang keras untuk mendapatkan aliran uang yang lancar. Sebuah bisnis dengan aliran uang lancar dapat mempertahankan bisnis meskipun dalam ekonomi sulit. Untuk memperbaiki ini, anda dapat menganalisa biaya-biaya usaha anda. Ambil catatan untuk melihat bidang mana saja yang bisa anda hemat seperti kartu kredit dan biaya bank. Anda mungkin bisa mengadakan negosiasi ulang dengan kreditor untuk memperpanjang jangka waktu pembayaran cicilan.

Pemasaran
Pemotongan biaya itu penting ketika ekonomi sedang jelek. Tetapi, pemotongan anggaran untuk pemasaran, humas, dan iklan dalam ekonomi sulit ini adalah tindakan yang sangat salah. Pemasaran dan humas adalah unsur yang terlalu penting dalam rangka mendapatkan kustomer baru. Lebih penting lagi, bisnis anda seharusnya lebih bersinar dari sebelumnya untuk menghadapi kustomer anda.

Mengatur karyawan secara benar
Anda seharusnya mengatur orang lain secara benar, mulai dari karyawan hingga ke kustomer. Karyawan anda adalah sumber daya yang paling berkepentingan. Berbicara dan berdiskusilah dengan mereka. Tanyakan apa nasehat mereka mengenai masalah yang sedang menimpa dan cobalah seterbuka mungkin. Ingat, adalah sulit memotivasi karyawan ketika mereka ragu-ragu apakah mereka masih bisa mempertahankan pekerjaan mereka. Selain itu, janganlah gagal untuk menyediakan kepada kustomer anda sebuah pelayanan yang lebih memuaskan. Ketika ekonomi sedang sulit, tindakan terbaik adalah tetap mempertahankan kustomer lama daripada mencari kustomer baru. Jadi, ketahui apa kebutuhan kustomer anda untuk lebih memperbaiki pelayanan yang anda berikan.

Rancang visi ke depan untuk bisnis anda
Tinjau selalu rencana bisnis anda dan perbaiki jika perlu. Ketika bisnis anda mulai berkembang, perubahan yang sangat penting adalah suatu keharusan untuk menjaga agar rencana bisnis anda bisa terus diterapkan. Untuk memastikan kelayakan bisnis anda di masa depan, anda seharusnya selalu memasukkan ke dalam rencana anda sebuah analisa biaya mutakhir, rencana pemasaran, dan program baru untuk manajeman karyawan dan kustomer.

Jangan biarkan bisnis kecil anda gagal; malahan tetap pertahankan dan tingkatkan bisnis anda meskipun berada dalam situasi ekonomi yang sulit.

Loading...

1000 Characters left