Meskipun terdapat cukup banyak orang yang mencari kerja, tetapi menemukan pekerja yang cakap dan berbakat ternyata lebih sukar dari sebelumnya. Oleh karena itu adalah penting untuk mempertahankan karyawan beprestasi anda. Dibawah ini terdapat sepuluh cara mudah yang dapat anda pakai untuk mempertahankan karyawan anda agar tidak pindah pekerjaan.

  1. Berikan peluang untuk bisa berkembang. Memberikan pelatihan dan tanggungjawab tambahan akan membuat anda melihat apa yang mereka bisa lakukan.
  2. Berikan hadiah kepada karyawan berprestasi. Hadiah seharusnya sesuai dengan unjuk kerja yang diberikan. Tetapi jangan terjebak bahwa hadiah musti berupa uang atau barang. Terdapat ratusan cara kreatif untuk menghadiahi karyawan tanpa harus mengeluarkan uang.
  3. Biarkan pintu anda terbuka. Dapatkan diri anda mudah diakses oleh karyawan yang ingin berbicara dengan anda.
  4. Sediakan penasehat. Karyawan senior dapat menolong karyawan muda berprestasi dalam mempelajari budaya perusahaan.
  5. Pindahkan posisi karyawan anda sehingga ia bisa ditugaskan ke posisi yang anda inginkan. Karyawan muda akan menghargainya karena hal ini bisa memperluas keahliannya.
  6. Tunjukkan perlakuan yang adil kepada karyawan anda.
  7. Temukan cara untuk menolong karyawan anda agar memahami diri mereka sendiri. Ini akan menolong mereka agar bisa mengatur perubahan dengan lebih baik.
  8. Buat standar khusus untuk karyawan berprestasi. Jangan samakan ke karyawan lain kecuali keadaan memaksa. Pastikan karyawan anda mengerti standarnya dan diperlengkapi untuk meraih sasaran.
  9. Seberapa banyak karyawan berprestasi bisa dikatakan cukup?
  10. Jaga hubungan yang baik dengan karyawan anda meskipun ia pindah pekerjaan. Beberapa karyawan akan cepat kembali setelah mereka mengetahui pekerjaan baru tidak sesuai dengannya. Jadi ucapkan selama datang kembali.
Loading...

1000 Characters left