User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kita berada dalam periode perubahan besar karena ekonomi bergeser dari abad industri berfokus keahlian ke abad intelektual berfokus bakat. Produk-produk manufaktur bergerak menjauh keseberang dan sekarang digantikan oleh ekonomi jaringan dan jasa intelektual. Dahulu kita membuat barang-barang; sekarang kita berkolaborasi membuat gagasan-gagasan. Segalanya mengenai proses ini adalah baru; segalanya mengenai proses ini sedang berada dalam transisi. Perubahan terjadi pada, bagaimana cara kita memperkerjakan orang, masa dapan suatu pekerjaan, cara kita membangun hubungan, berkolaborasi dan mengatur sebuah bisnis. Kita benar-benar berada dalam suatu periode perubahan besar. Kita berjuang untuk bergerak dari ekonomi agraris ke ekonomi industri, dan sekarang kita berjuang untuk bergerak menuju kekuatan otak.

Sekarang ini, banyak sistem pendukung bisnis gagal karena mereka mendukung struktur abad industri yang sudah ketinggalan jaman. Teknologi baru dan abad intelektual memerlukan suatu perusahaan untuk lebih fleksibel, lebih cepat dan lebih peka. Sistem tersusun, inspirasi militer, perintah dan kendali zaman sekarang terlalu lambat dan sangat tidak praktis dalam merespon kecepatan dunia digital. Jika kita bertahan dalam struktur yang sudah ketinggalan zaman, maka dunia iptek akan terus menyorot perusahaan-perusahaan abad industri sehingga membuatnya terlihat lebih dan lebih ketinggalan zaman dan tidak efektif. Untuk bertahan dalam periode perubahan besar menuju ke abad jaringan dan intelektual, kita harus membangun 10 hal dibawah ini di dalam tempat kerja anda.

  1. Menciptakan dan menjaga suatu tempat kerja yang berfokus pada karyawan
    Sebuah tempat kerja yang berfokus pada karyawan, akan membuat karyawan merasa dihargai dan sebagai hasilnya, akan menarik calon pekerja dan menjaga karyawan-karyawan tetap berada dalam kondisi yang terbaik. Tempat kerja yang berfokus pada karyawan menciptakan peluang bagi karyawan untuk membangun bakat dan kemampuan mereka, sehingga mendorong hasil kerja dan mengakui pekerjaan mereka. Tempat kerja meminta informasi dari karyawan mengenai hal-hal yang dapat mengaktifkan gairah bekerja mereka dan membangun sebanyak mungkin kebutuhan karyawan, sehingga karyawan dapat tetap fokus pada kustomer dan pekerjaan mereka.
  2. Memperkerjakan orang berbakat
    Investasikan uang anda pada orang yang benar. Dalam suatu tempat kerja intelektual, bakat adalah gaya pendorong keberhasilan karyawan; keahlian dan pengalaman lebih bernilai dalam ekonomi abad industri. Untuk berhasil, perusahaan harus mahir dalam mencari bakat (pemikiran dan kekuatan alami) dan memperkerjakan karyawan yang benar. Proses ini menghabiskan lebih banyak waktu tetapi jika anda menyadari bahwa karyawan anda adalah keuntungan anda, maka sebuah komitmen harus dibuat untuk memahami bagaimana cara memperkerjakan karyawan yang benar agar bisa bekerja dalam tugas/tanggung jawab yang benar.
  3. Mendefinisikan ulang bagaimana suatu pekerjaan dianggap selesai
    Dalam abad industri, adalah penting mendefinisikan aturan-aturan dengan deskripsi kerja standar. Karyawan diperlihatkan suatu lokasi spesifik (pabrik, fasilitas) tempat dimana ia akan bekerja. Tempat kerja intelektual merubah model ini. Sekarang, kontribusi karyawan tidak harus untuk berada dalam lokasi tertentu atau aturan tertentu. Tempat kerja sekarang membolehkan karyawan untuk bekerja secara kendali jarak jauh. Ini juga meliputi manajer untuk bisa mengawasi bawahannya. Ini adalah sebuah konsep pekerja "tepat waktu dan selalu ada" - karyawan yang diperkerjakan untuk tanggung jawab atau tugas tertentu dan lalu dibebaskan. Suatu perusahaan mendapatkan bakat terbaik pada bidang tertentu tanpa harus memperkerjakannya untuk kerja sepenuh waktu; aturan-aturan baru ini akan mengurangi biaya pengeluaran; baik itu ruang kantor dan sistem lainnya. Sistem yang dipakai sekarang ini memerlukan biaya besar dan nilai tambah yang sedikit. Hal ini akan membuat karyawan mudah untuk berpindah pekerjaan. Sedangkan konsep kendali jarak jauh akan mengurangi pengeluaran, ruang dan memperbaiki gairah kerja sehingga menghasilkan produktifitas yang lebih tinggi.
  4. Terus menerus merekrut yang terbaik
    Dengan adanya fokus baru terhadap karyawan tetap atau tak tetap, bangunlah sebuah kesinambungan dan perbaikan terus menerus dan rencana merekrut karyawan baru. Tetapkan peran dan tanggung jawab secara jelas terhadap bakat-bakat yang diperlukan. Buatlah jaringan dengan yang lain. Ciptakan saluran yang kokoh, terutama terhadap faktor tak tetap seperti karyawan tak tetap, yang mana dipanggil untuk proyek atau tanggung jawab khusus dan setelah selesai lalu dilepaskan. Bagikan harapan dan bakat yang diperlukan perusahaan dengan semua karyawan tetap, dan libatkan mereka dalam proses pencarian bakat untuk perusahaan.
  5. Definisikan tugas dan tanggung jawab kerja secara jelas
    Semua karyawan tetap dan tak tetap harus bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaannya; tiap tugas dan tanggung jawab harus jelas. Semua karyawan (tetap dan tidak tetap) sekarang harus punya indera yang lebih sensitif terhadap unjuk kerjanya dan harus bisa membangun rencana-rencana yang ingin diraih.
  6. Memahami dunia anda - menjadi pemikir strategis
    Tetap berhubungan dengan dunia disekitar anda dan bisnis anda. Kenali pengaruh dari ekonomi, kebijakan, demografis, tren sosial, teknologi dan faktor lain yang bisa mempengaruhi industri dan bisnis anda. Kenali tren, fakta dan indikator kunci. Masukkan karyawan dalam meninjau tantangan bisnis, inovasi dan peluang.
  7. Berkomunikasi secara efektif, sebarkan informasi, dan gunakan itu agar menjadi besar
    Dalam tempat kerja intelektual, informasi adalah kekuatan dan modal. Perusahaan yang tetap berhubungan dengan dunia menggunakan informasi untuk membagi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka dengar, dan apa yang mereka pikirkan; mereka menggunakan informasi untuk mengaktifkan ide dan pemecahan baru dan untuk menghadapi kompetisi. Buatlah cara secara terbuka untuk membagi berita, saran, ide dan kepedulian. Pastikan informasi mengalir secara jelas dan efektif di dalam perusahaan.
  8. Berkomitmen untuk memperkokoh standar keunggulan
    Definisikan, hidupkan dan nilai semua pekerjaan demi mendukung standar keunggulan yang telah anda definisikan. Jadilah yang terbaik terhadap apa yang anda lakukan, tanpa kecuali. Menjadi orang yang paling tanggap, paling inovatif dan paling profesional dalam kontak dengan kustomer, ide dan kualitas di setiap tingkatan. Kustomer dan karyawan akan terikat kepada perusahaan yang selalu menjaga keunggulan. Seiring dengan perubahan di tempat kerja dan produk, sebuah petunjuk berisi komitmen untuk unggul, akan memastikan perusahaan tetap menjadi yang terdepan.
  9. Merekrut, mendidik dan membangun kustomer dan karyawan secara terus menerus
    Dalam tempat kerja intelektual, kekuatan dari pekerjaan adalah ilmu pengetahuan. Perusahaan yang berhasil secara terus menerus akan mendidik kustomer dan karyawan mereka -- dalam waktu yang baik maupun buruk. Mereka fokus pada pendidikan, pikiran dan membangun standar yang tinggi untuk semuanya. Kustomer penting untuk di didik sama halnya dengan karyawan karena dalam pendidikan mereka, mereka menjadi bagian terbesar dalam pendekatan kolaborasi anda terhadap produk dan pelayanan. Kustomer kita butuhkan masukan, petunjuk dan sarannya. Dengan menaikkan standar untuk setiap karyawan maka akan diperoleh unjuk kerja yang lebih baik.
  10. Hargai keberhasilan dengan antusiasme tinggi
    Kita sekarang berada dalam periode sulit seiring adanya perubahan besar dalam transisi ekonomi. Keberhasilan menjadi sulit karena begitu banyaknya perubahan yang ada. Aktifkan karyawan dan kustomer anda dengan menghargai kesuksesan dengan cara yang luar biasa. Lihat setiap keberhasilan sebagai satu langkah maju. "Setiap keberhasilan harus dihargai." Menghargai, merayakan dan memuji keberhasilan, inovasi dan prestasi; hal ini akan lebih mengaktifkan prestasi dan mendorong. Kata-kata yang keluar dari perusahaan untuk menghormati dan merayakan keberhasilan karyawan, adalah sesuatu yang membuat karyawan ingin terus bekerja dengan giat.

Kita sekarang benar-benar berada dalam sebuah perubahan besar karena abad industri kita memberikan jalan untuk kita lebih terhubung, terkolaborasi dan intelektual. Ini memerlukan kita untuk lebih terlibat dalam abad baru, mengerti bagaimana cara untuk sukses seiring kita berubah dan tetap fokus pada nilai-nilai perusahaan. Sekarang tidak ada waktu untuk malu atau takut. Pemimpin dan manajer perlu melangkah keluar atau terdepak. Sediakan suara yang jelas, strategi yang kokoh dan pandangan yang dapat dipahami mengenai bagaimana mempengaruhi hasil dalam dunia yang berubah ini. Perubahan besar adalah agenda kita, belajar bagaimana menggunakannya dan cara menanggapinya. Dan begitu abad baru benar-benar sudah datang, maka amatilah abad yang akan datang dan temukan kembali rencana-rencana baru agar tetap sukses.

Loading...

1000 Characters left