Salah satu tantangan terbesar ketika kita bergerak ke atas dalam tangga karir adalah mengetahui bagaimana cara menyerahkan kendali terhadap 'detail', antara lain mempengaruhi dan membuat keputusan terhadap hal-hal yang bersifat teknis. Untuk beberapa orang, ini akan menghilangkan keunggulannya - kekuatan dan keahlian dasar. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kesalapahaman yang besar, terutama untuk orang yang merasa dirinya ditarik ke posisi manajemen dan kepemimpinan.

Menghilangkan jalan pikiran ini dapat memakan waktu yang lama, dan jalan pikiran yang baru dapat diraih dengan cepat jika anda sadar bahwa anda mempunyai sebuah pemahaman konsep yang kuat terhadap suatu subyek, dan bagaimana membuatnya terdengar masuk akal dan mudah di mengerti oleh orang awam. Tugas anda adalah harus dapat untuk mempengaruhi orang di luar anda. Keputusan terhadap pendanaan, manajemen resiko dan penerimaan terhadap kasus bisnis, secara umum dibentuk oleh orang lain di dalam perusahaan anda, sehingga dari orang-orang inilah kita harus belajar dan membangun sebuah hubungan.

Terdapat tujuh langkah yang bisa diambil agar bisa melewati perubahan dari seorang ahli dalam detail menjadi seorang manajer.

  1. Memahami konsep dan nilai dari suatu subyek secara menyeluruh.
  2. Mengetahui apakah sesuatu cocok jika dimasukkan ke dalam skema besar dan lingkungan bisnis.
  3. Membuat pesan dan model yang mengandung nilai terhadap perusahaan.
  4. Belajar bagaimana pokok bahasan kita dapat mempengaruhi departemen lain dalam perusahaan.
  5. Dan bagaimanana pokok bahasan kita dapat dipengaruhi oleh departemen lain.
  6. Mengerti berapa biayanya terhadap perusahaaan dan kustomer kita
  7. Belajar bagaimana menjelaskannya secara mudah dan jelas.

Butuh seseorang yang berani untuk membuat langkah-langkah tersebut, dan kepercayaan diri adalah kuncinya. Kita sebenarnya tidak meninggalkan pokok bahasan kita dibelakang, malahan, kita belajar bagaimana bisa menggunakannya untuk memperluas bisnis dan memperlihatkan nilainya kepada rekan kerja di luar departemen kita.

Loading...

1000 Characters left