darah,jantung,sirkulasi darah,blood circulation,blood

Sirkulasi darah: Sistem vital bagi kehidupan

Jantung, darah, dan pembuluh darah merupakan pembentuk sistem sirkulasi. Sistem ini mengelola 5-7 liter darah dalam tubuh dan memiliki berbagai tugas yang amat penting.

Organ utamanya, jantung, memompa darah ke seluruh tubuh. Saat bernafas, darah menghantar zat sisa karbondioksida dari seluruh tubuh untuk dikeluarkan lewat paru-paru, dan ditukar dengan oksigen untuk dihantar ke seluruh tubuh.

Gaya hidup modern dan sirkulasi darah

Seiring kemajuan jaman, gaya hidup manusia pun berubah. Gaya hidup modern ini ternyata berakibat buruk terhadap sirkulasi darah.

  • Perubahan pola makan
    Meningkatnya konsumsi makanan kaya gula dan lemak menyebabkan tingginya tekanan darah, gula darah, kadar lemak darah, serta obesitas, yang akan berakhir pada gangguan sirkulasi darah, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Kurangnya aktifitas fisik
    Berpengaruh buruk antara lain terhadap tekanan darah, berat badan, lemak darah, serta lancarnya jalan darah. Gaya hidup pasif meningkatkan 2x lipat resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Merokok
    Asap rokok mengandung ribuan zat racun yang antara lain dapat mempercepat pengerasan/penyempitan pembuluh darah. Rokok bertanggung jawab terhadap 30% kematian karena penyakit jantung dan pembuluh darah.
  • Tingkat stres yang tinggi
    Meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, resiko penyakit jantung serta memicu serangan jantung.
  • Kurang tidur
    Mempercepat denyut jantung, berpengaruh buruk pada kontrol tekanan darah, dan pada akhirnya meningkatkan resiko gangguan sirkulasi darah.

Pengobatan alami

Pengaruh buruk gaya hidup modern seringkali tak dapat dihindari. Beruntung saat ini tersedia suplemen dari bahan alam yang tergolong aman dikonsumsi, dan dapat membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah.

  • Bawang putih
    Berkhasiat menurunkan kolesterol, trigliserida, serta menormalkan tekanan darah.
  • Ginkgo biloba
    Melancarkan aliran darah ke otak.
  • Mengkudu (Morinda citrifolia)
    Berperan sebagai pemurni darah. Juga dapat menormalkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes.
Loading...

1000 Characters left