User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Anda lupa dimana menaruh gelas, anda lupa kalau ada rapat rapat di pagi hari, atau lupa menyiapkan sarapan untuk anak anda sekolah? Kalau bukan karena kesibukan yang luar biasa, kelelahan, atau banyak kerjaan di kantor maka ini diakibatkan oleh daya ingat anda. Martha Weinman Lear, pengarang buku "Where Did I Leave My Glasses? The What, When, and Why of Normal Memory Loss" berkata, "Tetapi jangan khawatir. Kehilangan sedikit daya ingat pada umur separuh baya adalah normal. Di bawah ini terdapat 10 trik cara memperkuat daya ingat yang dapat menolong anda."

Menjejaki apa yang anda lakukan
Trik: Mainkan suatu permainan pikiran.
Scott Hagwood, juara kontes daya ingat dan pengarang buku "Memory Power: You Can Develop a Great Memory" berkata, "Ketika anda merencanakan hari anda, hubungkan semuanya dengan visualisasi kreatif, seperti berkata pada diri sendiri sebuah cerita yang menggambarkan tugas-tugas anda. Ini mungkin kedengaran aneh, tapi ternyata berhasil."
"Katakan anda harus mengingat untuk membeli susu dan juga mengajak anak anda pergi ke dokter gigi. Anda dapat menghubungkan dua tugas tersebut secara bersamaan dengan membayangkan anak anda meminum segelas susu yang sisa susu-nya masih menempel di gigi.

Ahli dalam berpresentasi
Trik: Berhenti dan hirup bunga mawar.
Studi yang dilakukan di Jerman kepada beberapa murid yang menghirup bau setangkai bunga mawar sembari bermain kartu dan lalu menghirup bau mawar lagi sembari tidur; sementara murid lain tidak menghirup apa-apa. Ketika bangun dari tidur, mereka yang menghirup bau mawar bermain kartu lebih baik dari sebelumnya. Untuk mempertajam kecerdasan anda, cobalah menyemprot pengharum ruangan pada malam hari untuk persiapan melakukan presentasi di keesokan harinya.

Mengingat nama
Trik: Latihlah mata anda
Sebelum anda berjalan menuju pesta, gerakkan mata anda mondar mandir secara horisontal selama 30 detik. Ya, mungkin anda akan terlihat aneh, tetapi periset dari Inggris berkata latihan mata dapat menolong anda mengingat kata-kata (termasuk nama) yang anda dengar. Gerakan horisontal membuat otak berinteraksi dengan belahan otak lain, dan ini penting untuk penerimaan ingatan.

Menyerap informasi yang penting
Trik: Ambil nafas dalam
Apakah atasan anda biasa bertanya setelah berbicara selama dua jam? Jaga pikiran anda untuk tetap fokus selama rapat dengan cara melakukan meditasi sebelumnya. Sonia Lupien, PhD, direktur Center for Studies on Human Stress pada Douglas Institute di Montreal.Studi memperlihatkan bahwa ini cara terbaik untuk meningkatkan perhatian anda, perhatian adalah pintu masuk menuju ingatan.
Tidak pernah bermeditasi sebelumnya? Cobalah duduk atau berbaring di lantai dalam sebuah ruangan yang sunyi, istirahatkan dan letakkan tangan anda di atas perut, dan ambil nafas panjang, sembari fokus pada kesunyian. Cobalah melakukan meditasi sedikitnya 10 menit per hari.

Menerima tugas banyak dengan tenang
Trik: Belajar bahasa baru
Margie Lachman, PhD, profesor dan kepala bagian psikologi Brandeis University, dan direktur Lifespan Developmental Psychology Laboratory berkata, "Perluas pikiran anda, maka anda dapat menciptakan arah baru di dalam otak. Arah baru dapat menolong anda tetap berada di atas segala kondisi. Salah satu cara untuk memperluas pikiran anda: Belajar bahasa asing. Tidak perlu menjadi mahir, cukup beli CD-nya. Cara lain: Cobalah hobi baru seperti memasak atau menari.

Menghafal gerakan olah raga
Trik: Tidur malam
Dapatkan tidur malam yang nyenyak, maka anda akan dapat menghadapi situasi yang memerlukan daya ingat dengan lebih baik. Periset dari Boston

Loading...

1000 Characters left