Bintik merah gatal (hive) kelihatannya seperti datang tak diundang dan pergi tanpa pamit. Sebetulnya kedatangannya selalu punya penyebab, tetapi anda mungkin mengalami kesulitan mencari apa penyebab pastinya. Bahkan kunjungan ke dokter bisa terlihat lama dan membosankan... dan anda mungkin masih tidak bisa mendapat jawabannya.

Seringkali, masalah dengan bintik merah gatal disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu infeksi. Sebenarnya, dalam kasus ini, reaksinya berlebihan sehingga menyebabkan kulit gatal dan bengkak yang mana sepertinya tidak ada kaitannya. Kenyataannya adalah, anda tidak akan tahu bahwa anda terkena infeksi sampai dokter anda berhasil mengidentifikasinya.

Anda mungkin terkejut dengan berbagai macam jenis infeksi yang dapat membuat anda terkena gatal-gatal. Ini dapat berupa sesuatu yang sederhana seperti infeksi sinus tingkat rendah. Tubuh anda merespon, lalu bintik merah tiba-tiba terlihat. Jika ini terjadi, lakukan tindakan yang terbaik, seperti tidak menggaruk, meskipun rasa gatalnya begitu hebat. Juga, hindari zat-zat tertentu yang terdapat dalam makanan dan obat yang bisa memperburuk kondisi sampai infeksi anda sembuh terlebih dahulu.

Bisa jadi obat tertentu yang anda minum bisa menyebabkan anda terkena gejala-gejala bintik-bintik merah gatal. Jika anda alergi terhadap obat tertentu, maka berhentilah meminumnya dan panggil dokter anda segera. Normalnya, dokter anda akan memberi resep obat alternatif yang tidak akan menyebabkan reaksi.

Makan makanan tertentu juga bisa berkontribusi terhadap munculnya bintik merah gatal yang kronis, khususnya ketika anda tidak menyadari bahwa anda alergi terhadap sesuatu. Makanan yang anda makan mungkin dapat membuat kondisi anda semakin memburuk. Tentu saja, jika anda mengetahui makanan mana yang bisa menyebabkan anda terkena bintik merah, maka hindari memakannya dan sembuhkan penyakit anda.

Biasanya dokter anda akan menganjurkan kepada anda untuk menggunakan produk yang mengandung antihistamine. Pada beberapa kasus, dokter akan menawarkan resep yang lebih kuat. Untuk menenangkan rasa gatal, carilah krim yang mengandung antihistamine. Rawatlah diri anda sesegera mungkin, jika anda secara tiba-tiba terkena bintik merah untuk menurunkan pengaruh rasa gatal dan bengkak.

 

Sumber: Sonya Tyler - http://www.skinhivestreatment.org/do-you-suffer-from-chronic-hives

Loading...

1000 Characters left