Jangan panik. Hanya 1 sampai 2 orang per 1000 orang yang alergi terhadap sengatan lebah. Lepaskan sengatnya sesegera mungkin. Sengat akan terus menerus memompa bisa ke dalam tubuh anda selama semenit. Semakin cepat sengat dilepas maka semakin sedikit bisa yang anda dapatkan. Kikis sengat dengan kuku jari anda.

Terdapat dua tipe reaksi sengatan lebah. Bagaimana cara membedakannya?

1. Tipe pertama adalah reaksi lokal. Tipe reaksi ini ditandai dengan warna merah di sekitar sengatan, sakit, bengkak, dan gatal-gatal. Reaksi yang paling kuat adalah bengkak yang besar. Sebagai contoh, jika jari anda tersengat maka bengkak anda bisa mencapai siku tangan anda. Oleh karena itu, jika anda mengenakan cincin atau perhiasan lain di tangan, maka ketika tersengat lebah lepaskan perhiasan anda sesegera mungkin. Bengkak ini dapat bertahan selama beberapa hari. Rasa gatal juga bisa terjadi. Saya tahu ini sulit, tetapi tolong kulit anda jangan digaruk. Pertahankan daerah sengatan agar tetap bersih dan kering. Oleskan obat anti gatal jika diperlukan.

2. Tipe kedua reaksi adalah alergi atau reaksi yang bisa mematikan. Jika anda mengalami gejala-gejala ini, carilah pertolongan medis dengan segera. Jangan ragu-ragu, panggil ambulan. Jangan mencoba untuk menyetir hingga ke kamar gawat darurat.
Gejala-gejalanya adalah:

  • Sesak nafas
  • Sulit menelan
  • Ruam atau bintik merah yang hebat
  • Kram perut atau mual
  • Muntah atau diare
  • Bengkak di area lain, bukan di daerah yang tersengat. Sebagai contoh, sengatan terjadi di jari tetapi leher atau lidah anda menjadi bengkak.
  • Perasaan mau pingsan (indikasi penurunan tekanan darah)

Sekali lagi, jika anda mengalami gejala-gejala di atas, maka panggil 911, dan cari pertolongan darurat dengan segera. Catat: gejala-gejala ini memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk muncul dan waktu tersebut sangat penting bagi anda untuk segera mencari bantuan.

Sebuah reaksi hebat dari sengatan lebah dapat dirawat dengan obat yang disebut epinephrine. Jika anda tahu bahwa anda alergi terhadap sengatan lebah, maka dokter anda bisa memberikan alat pena berujung jarum suntik yang bisa anda suntikkan ke dalam tubuh anda jika anda tersengat lebah. Setelah menggunakan pena tersebut, anda seharusnya masih mencari pertolongan medis lanjut. Pena anda hanya memperingan penderitaan anda untuk sementara.

 

Sumber: Lu Young - http://www.bostonterrierville.com

Loading...

1000 Characters left