Hentikan bersin anda. Rumah anda merupakan penyebab alergi dan di bawah ini terdapat tempat-tempat di mana mereka bersembunyi dan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Barang-barang yang berserakan
    Rumah yang did alamnya terdapat barang-barang berantakan adalah tempat yang sesuai untuk debu, kutu, jamur, dan tikus. Lakukan daur ulang terhadap koran bekas, majalah, kaleng, dan kantong belanja anda setiap minggu -- dan taruh tempat sampah di luar rumah sebisa mungkin.
  2. Karpet
    Debu dan dander hewan peliharaan menyukai karpet dan permadani, jadi lakukan penghisapan debu secara pakum setiap minggu. Pastikan penghisap debu memiliki penyaring HEPA (high-efficiency particulate air) untuk menangkap partikel-partikel kecil. (Penghisap debu non-HEPA hanya memutar-mutar partikel saja). Agar benar-benar melenyapkan alergi maka singkirkan saja karpet dari lantai anda.
  3. Selimut
    Bersihkan selimut dari debu dan jamur dengan cara mencuci selimut dalam air bersuhu 130 derajat setiap minggu.
  4. Kamar mandi
    Kamar mandi atau dinding basah merupakan tempat yang disukai oleh jamur. Sikat dengan pemutih klorin (1 ons pemutih dicampur dengan 0,9 liter air) untuk mengendalikan jamur. Pada musim gugur, jamur juga bisa masuk ke dalam rumah lewat daun basah yang menempel pada sepatu atau kayu bakar. Simpan kayu di tempat kering, seperti di garasi, dan bersihkan halaman dari daun-daun.
  5. Remah-remah di dapur
    Remah-remah, bekas makanan tikus dan kecoa, dan kotoran mereka dapat menyebabkan alergi. Jagalah kebersihan ruangan dapur anda dengan memakai obat pembesih lantai non racun. Cobalah juga garam asam dan perangkap hewan.
  6. Membuka jendela bisa membawa alergi masuk ke dalam
    Angin sepoi-sepoi memang baik, kecuali jika angin membawa masuk serbuk sari dari rumput-rumputan. Tutup jendela pada jam-jam saat serbuk sari sedang tinggi-tingginya menyebar, yaitu pada jam 10 pagi dan jam 3 sore (Jika udara hangat, nyalakan AC, agar serbuk sarinya bisa disaring). Ganti saringan AC (atau pemanas ruangan) setiap bulan. Dan letakkan sepatu di luar rumah untuk menghindari masuknya partikel-partikel serbuk sari.
  7. Bagaimana cara mengatasi jamur di ruang bawah tanah
    Atasi jamur dengan alat pengering udara, dan set pengukur kelembaban pada 35-45%. Alat pengering udara memiliki berbagai macam ukuran, dengan harga mulai dari $25. Sebelum anda membeli, dapatkan alat pengukur kelembaban untuk menaksir seberapa banyak kelembaban yang anda butuhkan.
  8. Tanaman dalam rumah bisa mempertahankan jamur
    Daun pada tanaman pot di dalam rumah anda bisa menjadi tempat berlabuh untuk jamur penyebab bersin. Hilangkan segera semua jamur pada daun, dan jangan biarkan air mengenang di dalam pot. Periksakan tanaman anda oleh ahli tanaman jika masalah masih tetap ada. Dapati tanaman yang paling cocok untuk rumah anda.
  9. Dander binatang peliharaan
    Dander dan air ludah binatang peliharaan adalah penyebab dari 30% kasus alergi. Cuci atau sikat hewan peliharaan anda setiap minggu (lakukan di luar) untuk menurunkan tingkat dander di dalam rumah anda. Buat anjing dan kucing anda selalu berada di luar kamar tidur, dan tutup ventilasi udara dengan kain katun tipis untuk mencegah dander menyebar dari satu ruangan ke ruangan lain.
  10. Kain pabrikan bisa memelihara debu dan dander
    Hilangkan debu setiap minggu. Cuci selimut dan permadani dalam air panas (atau buat supaya tetap kering). Ambil bulu binatang dengan kain pelapis pakum, dan jauhkan hewan dari perabotan rumah. Pastikan suhu udara berada di bawah 70 derajat. Tungau, jamur dan kecoa tidak suka suhu yang dingin.
Loading...

1000 Characters left