User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apakah anda tahu bahwa anda mungkin sudah terlalu banyak menyentuh komedo hitam di wajah anda terlalu banyak? Pada umumnya, kita memencet begitu saja komedo hitam dan mengalami banyak masalah jika kita memencetnya terlalu keras. Ya, banyak para ahli berkata bahwa tiap pencetan itu buruk, tetapi jika dilakukan secara perlahan maka itu bisa membantu membersihkan kulit dan melindungi dari masalah yang lebih parah di kemudian hari.

Di bawah ini terdapat delapan cara yang bisa mengobati komedo hitam anda, jadi mulailah dari sekarang:

  1. Losion retinoid
    Salah satu cara untuk menghilangkan komedo hitam dan menjaga agar kulit anda tetap bersih adalah dengan menggunakan losion retinoid seperti Retin-A. Produk ini membuat sel-sel kulit bekerja normal kembali, membantu menurunkan produksi kelenjar minyak dan membersihkan pori-pori anda. Satu-satunya masalah adalah ini memerlukan proses yang cukup lama.
  2. Memakai produk exfoliating
    Memakai beberapa jenis exfoliation yang mengandung benzoyl peroxide dapat menolong membuka pori-pori anda, dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan secara lembut ke kulit anda maka komedo hitam anda yang paling sulit sekalipun biasanya akan hilang. Penghilang komedo hitam exfoliating lain adalah microdermabrasion - tetapi produk ini biasanya dilakukan di klinik perawatan kulit.
  3. Pencet secara perlahan-lahan
    Jika memungkinkan, pencetlah komedo hitam anda secara lembut karena cara ini juga terbukti bisa membersihkan kulit anda juga. Memang benar bahwa memencetnya bisa merusak kulit anda, tetapi itu tergantung dengan bagaimana anda menekannya. Berlaku lembut selalu direkomendasikan. Daripada anda memencet terlalu keras komedo hitam anda maka anda bisa mencoba cara lainnya.
  4. Memakai cairan pengelupas kulit mati
    Jika pori-pori kulit anda terlalu banyak kotoran maka anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisil yang mengandung asam glycolic yang mana sangat membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Tetapi produk ini tidak disarankan jika anda sudah menggunakan losion retinoid.
  5. Makan makanan sehat
    Obat baik lainnya adalah mulai mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Untuk membersihkan jerawat anda, pola makan yang sehat akan menolong memperlambat produksi kelenjar minyak, dan menjaga hidrasi kulit anda. Ini bisa terjadi dengan cara menghindari lemak jenuh dan hydrogenated, minum air putih lebih banyak dan makan buah dan sayur-sayuran. Hindari makanan mengandung karbohidrat dan minyak yang dipanaskan, dan gunakan minyak dingin tekan seperti minyak zaitun murni.
  6. Plester untuk pori kulit
    Rekatkan strip plester di wajah atau hidung anda sekitar 10 menit. Setelah itu langsung cepat ditarik untuk menghilangkan komedo hitam di permukaan kulit anda. Ini bukanlah sebuah solusi jangka panjang, tetapi bekerja dengan cepat dan mudah digunakan sepanjang anda menggunakannya dengan benar.
  7. Pencabut metal
    Alat ini berbentuk kecil, melingkar dan diletakkan di atas komedo hitam anda untuk mencabutnya. Metode ini seharusnya dilakukan secara hati-hati untuk menghindari luka atau cacat.
  8. Make-up
    Tip ini berguna untuk wanita yang biasa menggunakan banyak make-up. Gunakan selalu produk yang bisa membersihkan pori-pori anda seperti make-up non-comedogenic. Beberapa saran untuk anda adalah jika anda berkeringat atau sebelum tidur, maka hilangkan make-up anda dengan pembersih yang baik. Dan bersihkan selalu spon dan sikat make-up anda.

 

Sumber: Jason Cartwright - http://www.howtostopacne.org

Loading...

1000 Characters left