Flek wajah datang, percaya diri jadi kurang. Itu mungkin ungkapan yang sering muncul bila seseorang mempunyai flek di wajahnya. Seseorang sering menjadi tidak percaya diri dan merasa terganggu bila mempunyai flek di wajahnya. Untuk mengatasi agar flek di wajah tidak muncul, maka perlu dikenal terlebih dahulu mengenai flek wajah (hyperpigmentation) dan bagaimana cara mengatasinya.

Flek wajah merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman atau kecoklatan berbentuk simetris melebar (melasma) dan bintik-bintik (freckles atau ephelides) dengan kedalaman sedang (epidermal), lebih dalam (dermal) dan campuran. Flek wajah terjadi akibat adanya pigmentasi pada kulit secara berlebihan, sehingga menyebabkan timbulnya noda atau bercak kehitaman pada wajah.

Flek wajah timbul karena beberapa sebab, antara lain sering terkena sinar matahari secara langsung, pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan struktur kulit wajah, penggunaan obat hormonal untuk keperluan KB (dalam intensitas lama), mengalami masa kehamilan, atau karena faktor keturunan.

Untuk menghindari resiko munculnya flek pada wajah maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain menghindari sebisa mungkin terkena sinar matahari secara langsung (terutama antara jam 09.00 hingga 15.00), menggunakan topi atau payung pelindung apabila melakukan aktivitas di luar ruangan, menghapus sisa-sisa kosmetik ketika akan beristirahat, menggunakan sabun muka berbahan alami (non kimia) yang sesuai dengan kulit wajah dan sebisa mungkin menghindari penggunaan obat-obat hormonal untuk keperluan KB.

Setiap orang berpotensi menderita flek wajah, tergantung bagaimana faktor dan kondisi terjadinya flek wajah pada seseorang serta bagaimana seseorang melakukan perawatan pada wajah. Tindakan dan perawatan pada kulit wajah yang tepat serta alami akan menghindari resiko seseorang menderita flek wajah, sehingga munculnya flek pada wajah dapat dihindari. Wajah bebas flek, hidup jadi lebih rileks.

 

Sumber: Kampoeng Joglo Magazine

Loading...

1000 Characters left