User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Komedo hitam atau komedo terbuka terlihat seperti bintik gelap dan kecil. Komedo hitam disebabkan oleh minyak berlebih yang teroksidasi sehingga menyebabkan warnanya berubah menjadi hitam. Kelebihan minyak pada pemukaan kulit menyebabkan kulit memproduksi pigmen melanin hitam yang bereaksi dengan udara sehingga terjadi pori hitam.

Pengobatan alami

  • Campur ekstrak 1 buah lemon ke dalam air mawar dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 1/2 jam. Cuci muka dengan air bersih. Lakukan selama 15 hari.
  • Campur 1/4 cangkir air panas, 1 st garam Epsom dan 4 tetes yodium lalu biarkan mendingin. Oleskan dengan memakai kapas dan setelah mengering bersihkan dengan kain lembut.
  • Campur 1 st ektrak daun ketumbar segar dan 1/2 st bubuk kunyit. Lalu oleskan pada wajah sebelum tidur. Cuci muka anda dengan air dingin di pagi hari.
  • Campur 1 st ekstrak lemon dan 1 st bubuk kayu manis. Gosokkan ke wajah setiap pagi hari selama 1/2 bulan.
  • Campur 1 sm garam asam bor ke 1 gelas air panas. Ambil kain, celupkan dan tekan pada kulit berjerawat. Ulangi sebanyak dua kali. Cabut komedo secara hati-hati dengan kapas atau penjabut yang sudah steril. Setelah itu oleskan losion astrigent pada wajah.

Makanan

Makan banyak buah dan sayur-sayuran sedikitnya 5 porsi.

Makan banyak buah dan madu; Yogurt juga bisa anda tambahkan pada menu.

Cuci muka selama 5-10 menit dan keringkan dengan ditepuk.

Loading...

1000 Characters left