Kehidupan kulit seiring dengan kehidupan kita. Sebab itu kulit juga membutuhkan perawatan dan perhatian yang saksama. Dari waktu ke waktu gangguan yang timbul pada kulit bisa disebabkan oleh perbagai hal. Beberapa kasus mudah disembuhkan, beberapa sulit.

Untuk merawat kulit sehari-hari bisa digunakan cleansing, toning dan moisturising (pelembab) sambil terus diperhatikan gangguan apa saja yang timbul. Bila timbul gangguan berulang kali, konsultasikan ke ahli. Berusaha mengobati sendiri dikhawatirkan malah bisa menyebabkan keadaan semakin parah, wajah menjadi kasar dan meninggalkan bekas yang tak bisa dihilangkan.

Melalui suatu tes kulit, ahli kulit dapat menemukan penyebabnya, apakah gangguan disebabkan oleh produksi lemak berlebihan atau faktor lain. Jerawat yang timbul bisa karena faktor bawaan atau penyebab luar seperti makanan, kosmetik yang salah, dsb. Pengobatan memang seringkali membutuhkan kesabaran. Dalam kasus parah dokter adakalanya mengangkat lapisan kulit dengan peeling atau pengobatan menggunakan arus listrik frekuensi tinggi. Pengobatan dengan uap bertujuan memperbesar pori-pori. Petunjuk berikut ini mungkin dapat membantu anda.

Tetap jaga kesehatan

Bersihkan kulit secara teratur. Untuk mencegah tumbuhnya bakteri, tutuplah rapat-rapat tempat penyimpanan makeup atau cairan pembersih dan jangan diletakkan ditempat yang panas.

Bersihkan muka dengan alat bantu seperti kuas, tisu atau kapas. Jangan langsung dengan jari, siapa tahu jari dan kuku anda penuh bakteri.

Hindari memakai kain untuk membersihkan muka, tapi gunakan spons dari plastik karena bakteri tidak akan tumbuh pada plastik. Sebaiknya tidk meminjam sisir, sikat gigi atau sikat rambut milik orang lain.

Gunakan pemulas bedak yang lembut. Usahahakan agar pakaian selalu bersih, sebab jerawat juga mudah tumbuh pada dada, punggung dan leher. Jerawat yang tumbuh dibagian tubuh lain hendaknya diperlakukan sama.

Rambut dirawat agar terhindar dari ketombe dan jauhkan dari tempat yang terinfeksi karena rambut banyak mengandung debu. Jangan menggaruk kulit karena akan memperlemah daya tahan. Jangan pula memencet atau menusuk jerawat sembarangan karena bisa memperburuk infeksi atau keadaan pori-pori. Infeksi yang parah dapat meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan.

Kebiasaan makan

Makanlah makanan yang seimbang (protein, vitamin dan karbohidrat) demi kesehatan kulit. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan terlalu gurih, serta minuman beralkohol. Banyaklah makan sayuran, buah, daging panggang dan ikan tanpa bumbu yang berlebihan.

Hindari stres

Menjauhkan diri dari stres adalah usaha lain untuk menghilangkan jerawat yang lebih cepat. Usahakan keseimbangan antara rekreasi, bekerja dan istirahat

Loading...

1000 Characters left