User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kehamilan dan saat menyusui tidak selalu identik dengan kondisi ibu yang lelah dan lesu. Apa saja yang bisa anda upayakan agar tetap sehat dan cantik dalam saat-saat istimewa ini?

Menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, sangat penting dilakukan selama masa hamil dan menyusui. Masa penantian si kecil dan awal kelahirannya, tidak selalu identik dengan kelelahan, stres atau ketidaknyamanan. Untuk itu, anda perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan, agar merasa nyaman dan bahagia selama hamil dan menyusui.

Gaya hidup sehat, adalah kata kunci seorang ibu dalam menjalani masa kehamilan dan menyusui. Kondisi tubuh ibu hamil dan menyusui yang bugar dan selalu siap menjalani aktivitasnya sehari-hari, adalah gambaran penampilan tubuh yang sehat, baik secara fisik maupun mental.

Dukungan suami dan keluarga

Kesiapan mental seorang ibu dalam menjalani kehamilannya sangat penting. Ibu yang tidak menginginkan kehamilannya atau tidak siap untul hamil, secara langsung ataupun tidak, akan berakibat buruk pada tumbuh kembang janin. Berbagai studi mengungkapkan, stres yang dialami ibu hamil membuat aliran arah ibu pada bayi berkurang hingga 60% atau lebih, lemahnya detak jantung bayi, dan rendahnya kadar oksigen dalam darah bayi.

Untuk menjaga keseimbangan mental, ibu hamil memerlukan informasi yang cukup mengenai kehamilannya. Dengan demikian, dalam menghadapi perubahan dirinya, baik secara fisik maupun mental, ibu tetap berpikir secara positif.

Dalam menjaga kesehatan mental, misalnya, salah satu dukungan yang diperlukan ibu hamil adalah peran aktif suami dan keluarga sangat besar. Dukungan suami dan keluarga, dapat mengembalikan rasa percaya diri ibu dalam mempersiapkan kedatangan si kecil. Betapa tidak. Perubahan tubuh lekas lelah dan mudah emosional, tentu memerlukan pengertian suami dan keluarga besar.

Olah raga selama hamil

Selain mental, kesiapan fisik perlu dilakukan, antara lain dengan melakukan olah raga. Sebaiknya, Anda berkonsultasi pada dokter, olah raga apa yang tepat bagi anda, karena dalam beberapa kasus tertentu, ibu hamil tidak diperbolehkan berolah raga. Beberapa olah tubuh ringan seperti jalan kaki, berenang atau senam ringan, baik untuk dilakukan selama hamil dan menyusui.

Banyak manfaat yang bisa anda raih dengan berolah tubuh, antara lain memudahkan proses persalinan. Selain itu olah raga juga membuat kesehatan jantung terjaga, sehingga peredaran darah lancar.

Pada dasarnya, penampilan yang menarik selama hamil dan menyusui juga perlu ditunjang olah raga yang teratur, karena dapat menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, fungsi kekebalan tubuh akan meningkat dan mengurangi stres ibu hamil dan menyusui.

Pentingnya gizi seimbang

Untuk menjaga kesehatan, kualitas gizi yang prima mutlak diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui. Beberapa zat gizi yang penting dikonsumsi adalah protein, karbohidrat, zat besi, asam folat, dan berbagai vitamin lainnya. Idealnya, anda mendapatkannya dari makanan segar yang anda konsumsi. Bila kurang memungkinkan, anda dapat mengkonsumsi suplemen, yang kini tersedia dalam bentuk tablet atau makanan. Tentu saja, sebelum mengkonsumsi makanan tambahan ini, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Salah satu pilihan nutrisi tambahan yang tepat bagi ibu hamil dan menyusui adalah susu. Minuman ini mengandung cukup banyak zat gizi, seperti kalsium, protein, lemak, vitamin dan mineral. Apalagi, kini tersedia susu khusus ibu hamil yang diperkaya dengan zat gizi tambahan seperti DHA (Docosahexaenoic) yang dapat membantu pembentukan dan perkembangan otak bayi.

 

Sumber: Majalah Ayahbunda

Loading...

1000 Characters left