Pegal-pegal atau nyeri di punggung yang menjalar sampai ke pinggang dan juga panggul biasanya melanda sekitar 30-80% ibu hamil. Gangguan ini lazim pula disebut low back pain. Masalahnya, aktivitas sehari-hari bisa ikut-ikutan terpengaruh.

Kapan mulai muncul?

Sebetulnya, low back pain bisa anda rasakan di awal-awal kehamilan. Namun, puncak gangguan terjadi pada trimester ke-2. Bagaimana tidak? Perut makin besar. Nah, gangguan akan kian menjadi-jadi bila kehamilan sudah cukup bulan alias pada trimester ke-3. Janin telah memasuki jalan lahir, sehingga terjadi penekanan pada jaringan penunjang panggul.

Apa sih penyebabnya?

Pada prinsipnya, keluhan di pinggang dan daerah sekitar panggul dalam kehamilan terjadi karena faktor hormonal. Melunaknya ligamen (pengikat sendi) serta bertambahnya beban karena rahim terus membesar menyebabkan ketidakseimbangan beban pada tulang belakang dan penekanan kepala bayi di trimester terakhir. Semua ini menyebabkan penekanan pada syaraf tubuh bagian belakang.

Apakah ini normal?

Normal-normal saja kok. Apalagi, rasanyeri dan pegal-pegal ini bukanla penyakit. Karena itu janganlah terlalu cemas.

Cara menghindari

Ada beberapa cara menghindari, diantaranya adalah:

  • Berolah raga. Mulailah dengan gerakan ringan yang intensitas dan lamanya berlatih sesuai kemampuan anda. Bersenam ringan, berenang atau berjalan kaki sekitar 1 jam setiap hari.
  • Ketika berdiri, usahakan tubuh dalam posisi normal, yaitu tegak lurus dengan bahu ditarik ke belakang.
  • Kalaupun ingin tidur, sebaiknya berbaring miring ke kiri. Posisi seperti ini memungkinkan aliran darah dan makanan ke arah plasenta berjalan normal. Akan lebih baik lagi bila anda meletakkan bantal di antara kedua lutut.

Dapatkah dicegah?

Agak sulit juga. Otot dan sendi penunjang tulang panggul meregang sebagai persiapan jalan lahir si kecil, sehingga mau tak mau punggung dan sekitarnya akan terasa nyeri. Paling-paling anda bisa menjaga agar nyeri tidak bertambah parah. Caranya? Ya, dengan selalu menjaga posisi tubuh. Kalau ingin meraih sesuatu, putarlah seluruh badan dan bukan hanya memutar pinggang saja. Jika mengambil barang di lantai, berjongkoklah dan punggung harus tetap lurus. Juga, anda dilarang keras membawa beban yang berat atau membebani punggung dengan beban yang berat.

Kapan perlu ke dokter?

Jika nyeri menghebat dan mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda. Sebagai catatan nih, jangan sembarangan minum obat penghilang rasa nyeri. Karena nyeri pinggang sebenarnya tidak perlu pengobatan khusus.

 

Sumber: Majalah Ayahbunda

Loading...

1000 Characters left